Santri Pondok Pesantren Bina Tauhid (PP MABIT) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bagikan takjil untuk masyarakat yang bertajuk “Santri Berbagi”. Kegiatan ini dilaksanakan di lampu merah Ciawi yang dimana santri terjun langsung membagikan takjil untuk masyarakat. Berbagi takjil ini dilaksanakan selama bulan Ramadhan pada pukul 5 sore menjalang berbuka puasa.

Pimpinan PP MABIT UNIDA Bogor, Sudiman Sihotang, SH., MH. dalam sesi wawancara menyatakan bahwa momen Ramadhan ini adalah momen yang sangat tepat untuk pembinaan santri dengan Ramadhan ini para santri dapat lebih memantapkan hapalan dan mempercepat pencapaian target hapalan.

“Selalu ada energi positif untuk para santri dalam beribadah dan hapalannya. Selain memantapkan hapalan santri juga sekarang memiliki kegiatan sosial, di Ramadhan saat ini santri mulai berbagi dengan masyarakat yaitu dengan kegiatan Santri Berbagi,” ungkap Sudiman Sihotang, SH., MH.

Presiden Santri PP MABIT UNIDA Bogor, Zulfat dalam sesi wawancara menyatakan bahwa kegiatan ini mengaplikasikan hadist yang berbunyi sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain khususnya di bulan Ramadhan yang dimana segala kebaikan dilipat gandakan pahalanya.

“Kegiatan Santri Berbagi ini bertujuan untuk agar kita lebih peduli dengan lingkungan kita dan harapan kedepannya agar kegiatan Santri Berbagi ini lebih meluas, tidak hanya di daerah Ciawi dan sekitarnya saja, sehingga masyarakat yang di luar Ciawi dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini,” tutur Zulfat.

“Kegiatan PP MABIT UNIDA Bogor tidak hanya berbagi takjil saja tetapi banyak kegiatan untuk mengisi Ramadhan dalam rangka lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dengan memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini. Seperti setiap malam diadakan tahajud bersama, one day one night saat terawih, khataman Al-Quran setiap selesai shalat terawih. Kegiatan mingguan ada simaan Al-Quran dan ujian komprehensif bagi santri yang diadakan setiap hari minggu dan kegiatan tahunan tiap bulan Ramadhan yaitu santunan bagi yatim piatu dan itikaf yang diselenggarakan mulai pertengahan Ramadhan,” ungkap Zulfat.