Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sekaligus pengabdian kepada masyarakat tahun 2020 yang bertajuk  “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19” seiring dengan merebaknya pandemi covid-19. Pelaksanaan KKL FISIP UNIDA tahun 2020 diikuti oleh 155 mahasiswa beserta para dosen pendamping dari Program Studi Administrasi Publik dan Sains Komunikasi.

Penyelenggaraan KKL tahun ini menerapkan metode yang berbeda dengan memperhatikan situasi pandemi covid-19. Masing-masing  mahasiswa melaksanakan KKL di lokasi terdekat tempat tinggal atau tempat kerja masing-masing, misalnya di desa, kelurahan, kecamatan, instansi pemerintahan, atau perusahaan, yang sebagian besar tersebar di Bogor dan Sukabumi.

Pelaksanaan kegiatan KKL dan pengabdian ini dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu  persiapan, dimana masing-masing mahasiswa melakukan survei lokasi untuk mendapatkan persetujuan penerimaan dan pengumpulan data lapangan, yang berlangsung selama tanggal 6 sd. 18 Juli 2020. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan, dimana masing-masing mahasiswa turun ke lokasi untuk menyelenggarakan KKL dan pengabdian kepada masyarakat, yang berlangsung selama tanggal 20 sd. 25 Juli 2020.

Kegiatan ini menegaskan bahwa Dharma Ketiga Perguruan Tinggi mengamanatkan pengabdian kepada masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Dekan FISIP UNIDA Bogor, Drs. Denny Hernawan, MA. dalam sesi wawancara.

“KKL juga menunjukkan eksistensi dan peran perguruan tinggi, dalam hal ini mahasiswa dan dosen, mengamalkan secara konkrit ilmunya di lapangan dan bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat. Kegiatan ini menunjukkan kehadiran FISIP UNIDA Bogor di tengah-tengah masyarakat untuk membangun masyarakat melalui penerapan ilmu,” ungkap Drs. Denny Hernawan, MA.

Wakil Dekan III FISIP UNIDA Bogor, Drs. G. Goris Seran, M.Si. mengemukakan beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan para mahasiswa di lapangan dalam KKL dan Pengabdian pada Masyarakat Tahun 2020.

“Bentuk kegiatan mahasiswa FISIP UNIDA Bogor yang mengikuti kegiatan ini berupa sosialisasi protokol kesehatan covid-19 kepada masyarakat secara terperinci agar masyarakat paham betul bagaimana protokol kesehatan dilaksanakan, mahasiswa juga membantu aparat desa/kelurahan dalam melaksanakan program bantuan sosial covid-19, dimulai dari mendata, memvalidasi data, hingga menyalurkan bantuan sehingga bantuan tersebut bisa sampai kepada masyarakat,” tambah Drs. G. Goris Seran, M.Si.