Pada tahun ini, Universitas Djuanda (Unida) menginjak usia ke 32 tahun. Dalam memperingati Milad ke 32 ini, Unida menggelar berbagai macam kegiatan yang dimulai sejak bulan Februari lalu. Puncaknya, digelar orasi ilmiah dari Bupati Bogor, Ade Yasin, di Kampus Unida, Kamis (21/3).

Orasi yang disampaikan terkait program Panca Karsa Pemerintah Kabupaten Bogor yang memiliki kesamaan dengan Panca Darma Unida. Dari Panca Karsa dan Panca Darma yang sejalan tersebut salah satunya yaitu Panca Profesionalitas berkorelasi dengan Panca Maju dan Cerdas yang dimiliki oleh Pemkab Bogor.

“Mendengar pemaparan dari Pak Rektor mengenai Panca Darma di Unida, ada kesamaan dengan Panca Karsa Pemkab Bogor. Kalau Panca di Unida ada profesionalitas, kalau Panca di Pemkab Bogor itu maju dan cerdas,” terang Ade Yasin.

Menurutnya, Panca profesionalitas dan Panca Maju dan Cerdas memiliki tujuan yang sama, membentuk manusia yang cerdas dan maju sesuai bidangnya. Ini menjadi tujuan dari Pemkab Bogor ke depan, hanya untuk aplikasi atau penerapannya yang sedikit berbeda.

Panca Karsa dan Panca Darma dapat mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai kabupaten termaju, nyaman dan berkeadaban. Lainnya, Panca Pendidikan dan Penelitian berkorelasi dengan Panca Bogor Cerdas, Panca Pengabdian pada Masyarakat dan Ketauhidan berkorelasi dengan Panca Bogor Keberadaban.

Wanita yang juga lulusan S2 Hukum Bisnis Unida ini memaparkan, tak hanya melalui panca tersebut di atas, dari yang lain juga dapat saling mendukung. Dalam orasinya, Ade pun mengharapkan Unida lebih berkembang dan maju, menjadi kampus ternama serta siap bersaing dengan kampus lain..

Sementara itu Rektor Unida, Dede Kardaya mengatakan, dengan adanya kesamaan tersebut dapat saling berkolaborasi dan bersinergi untuk dapat saling mendukung mewujudkan misi dan tujuan yang sama.

“Adanya kesinkronan ini semoga bisa saling mendukung dalam rangka mewujudkan Unida kampus riset bertauhid. Hasil riset dan survei yang dilakukan kampus dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dan kepentingan masyarakat Kabupaten Bogor.” terang Dede Kardaya.

Sedangkan Chancellor Unida, Martin Roestamy menuturkan Unida memiliki misi dan tujuan menjadi kampus riset bertauhid yang dapat menghasilkan berbagai bisnis, lapangan pekerjaan serta melahirkan banyak inovasi baru pada tahun 2035. Diharapkan, lulusan-lulusan atau alumni Unida dapat menjadi lulusan yang memiliki kecerdasan yang tak hanya intelektual, namun kecerdasan sosial dan terlebih memililki kecerdasan spiritual.

“Taat ibadah, rajin sholat, peka terhadap lingkungan, serta memilki jiwa sosial yang tinggi” ucap Martin Roestamy.

Setelah orasi, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Unida dengan berbagai lembaga. Di antaranya, Pemkab Bogor, PT. BNI Syariah, PT. Sinar Kharisma Padjajaran, PT. Pakar Inti Corpora, PT. Satuvisi Indocreative, PT. Rajagrafindo Persada, Radar Bogor, STIE Pelita Bangsa, CV Shandy Pratama Mobilindo, serta Kantor Hukum Makmur Ginting & Partners.