Pertemuan antara Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dalam rencana gelaran Bakti Sosial di HUT PDGI ke-70 yang bertempat di Aula Gedung A UNIDA Bogor (18/1). Pertemuan ini dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. beserta jajaran, Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran dan Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PBPDGI), Dr. drg. Hananto Seno, Sp. BM., MM. beserta jajaran. Dalam pertemuan kali ini secara garis besar membahasa tentang Peringatan HUT PDGI ke-70 yang akan diselenggarakan di UNIDA Bogor dengan bakti sosial yaitu pengobatan gigi gratis yang diantaranya perawatan, pencabutan dan pembersihan karang gigi, Kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 22 Februari 2020. Dan dalam pertemuan ini juga dibahas perihal rencana UNIDA Bogor bekerjasama dengan PDGI akan membuka Akademi Dental Hygiene di UNIDA Bogor.

Acara bakti sosial nanti diharapkan menjadi program yang baru dan secara berkelanjutan dan UNIDA Bogor akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk pembukaan Akademi Dental Hygiene. Seperti yang disampaikan oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. dalam sambutannya.

“Selamat datang di Universitas Djuanda Bogor, kampus bertauhid. Dengan di selenggarakannya HUT PDGI ke-70 dengan bakti sosial pengobatan gigi gratis ini menjadi program baru dan diharapkan program yang bagus seperti ini berkelanjutan agar baik UNIDA Bogor dan PDGI lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Dan dengan rencana akan dibukanya Akademi Dental Gygiene di UNIDA Bogor maka kami siap untuk mempersiapkan sarana dan prasarana nantinya,” Tutur Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PDGI karena telah memilih UNIDA Bogor untuk acara bakti sosial dalam rangka HUT PDGI ke-70 nanti.

“Kedepannya mudah-mudahan acara yang telah direncanakan berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Dan dengan dibukanya Akademi Dental Hygiene nanti merupakan hal baru bagi UNIDA Bogor dan semoga nanti dengan dibukanya akademi baru UNIDA semakin maju,” ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Dengan digelarnya bakti sosial pengobatan gigi gratis nanti bertujuan agar masayarakat lebih sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Karana pada saat ini di Indonesia tingkat kesehatan gigi dan mulut menurun drastis. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua PBPDGI, Dr. drg. Hananto Seno, Sp. BM., MM.

“Bakti sosial pengobatan gigi gratis di HUT PDGI ke-70 nantinya diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut karena kita perlu prihatin akan penurunan yang drastis pada tingkat kesehatan gigi dan mulut di Indonesia saat ini. Karena jika kita tak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan manusia,” pungkas Dr. drg. Hananto Seno, Sp. BM., MM.

Ketua Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Institusi UNIDA Bogor, Dr. Ristika menyatakan dalam sesi wawancara bahwa dibukanya akademi Dental Hygiene ini merupakan keinginan UNIDA Bogor.

“Nantinya dengan dibuka Akademi Dental Hygiene yang telah direncanakan itu merupakan keinginan UNIDA karena jurusan yang berupa health care belum ada di UNIDA dan dengan bekerjasama bersama PDGI ini tentunya akan memudahkan UNIDA Bogor dalam membuka akademi tersebut. Dan diharapkan nantinya akan meningkatkan minat mahasiswa atau masyarakat untuk berkuliah di UNIDA Bogor,” pungkas Dr. Ir. Ristika Handarini, MP. _FAI_