Dalam rangka memperkuat Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Djuanda adakan  Sosialisasi PPK Ormawa 2022  di gedung C Universitas Djuanda Bogor pada (6/04/2022) dengan narasumber Ir. Nur Rohman, S.P. M.Si. Sosilasiasi dihadiri oleh setiap organisasi mahasiswa, para wakil dekan, ketua prodi, sekretaris prodi dan pembina UKM.

M. Rendi Ramdhani, M.Pd selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni dalam sambutannya menuturkan secara umum kegiatan PPK Ormawa ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas Ormawa agar mampu menjadi Organisasi Kemahasiswaan yang kompeten, modern, berkarakter dan cinta tanah air.

 “Kegiatan Organisasi mahasiswa kedepan harus berbasis kepada prestasi, pengabdian, masyarakat dan promosi sehingga dapat menunjang pemeringkatan rangking mahasiswa di tingkat nasional, untuk itu saya berharap para wakil dekan, ketua prodi/sekprodi dan pembina UKM dapat bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap ormawa. Saya yakin bersama kita bisa”. Ungkapnya.

Narasumber Ir. Nur Rohman, S.P. M.Si menyatakan pembinaan ormawa oleh Universitas Djuanda diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

 Adapun topik dan indikator keberhasilan PPK ormawa 2022 yakni Sociopreneur, Pertanian masa depan, Desa/Kelurahan digital, Sekolah perempuan, Sanggar tani muda, Konservasi tanaman obat, Rumah sampah digital, Desa/kelurahan cerdas, Rumah inovasi, Kampung iklim, Desa/kelurahan maritim, Desa/kelurahan sehat dan aktivitas lain pilihan ormawa.

Harapannya dari sosialisasi ini mendorong kegiatan organisasi para mahasiswa untuk berkarya menghasilkan produk riil atau prototipe, artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional dan/atau internasional; dan publikasi media massa. Hal ini diungkapkan oleh Asep Ubaidilah selaku kepala bagian kemahasisawaan, bahwa sosialisasi ini akan ada keberlanjutan untuk senantiasa membina kegiatan yang dilakukan mahasiswa.

“Kegiatan sosialisasi PPK Ormawa berjalan dengan lancar dan ada kendala apapun dan berlangsung dengan aman dan terkendali, dan kegiatan tersebut akan ada tindak lanjut pertemuan selanjutnya” Pungkasnya.