Ketua dan jajaran pengurus Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM-KM) serta Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor resmi dilantik pada Rabu (29/12/2021) oleh Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan, Inovasi dan Kewirausahaan, di Aula Gedung C Kampus UNIDA Bogor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si dalam sambutannya menuturkan, keberadaan MPM-KM dan BEM-KM akan menambah kekuatan di jaringan kemahasiswaan. Sebagaimana diketahui bahwa pemeringkatan kemahasiswaan UNIDA Bogor pada tahun ini berada diperingkat ke-66. Ini menunjukkan adanya kenaikan peringkat dari tahun sebelumnya yang hanya menempati peringkat ke-76, dengan begitu prestasi dari kegiatan kemahasiswaan diharapkan dapat terus ditingkatkan ke depan.

Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si berpesan agar pengurus MPM-KM dan BEM-KM membuat sebuah milestone atau satu tonggak sejarah, seperti dari prestasi kemahasiswaan. Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si berharap target peringkat kemahasiswaan dapat mencapai posisi ke-50 besar di tahun depan.

?Dengan kekuatan dan iklim pembinaan kemahasiswaan yang mendorong prestasi kemahasiswaan, kita bisa mencapai target itu. Kita perlu bahu membahu fokus untuk membuat satu kegiatan yang lebih bisa meningkatkan nilai kemahasiswaan untuk menunjang prestasi sehingga meningkatkan pemeringkatan,? ungkap Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kemahasiswaan UNIDA Bogor Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si menyampaikan bahwa MPM-KM dan BEM-KM harus dapat menjadi pilar, maka diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang amanah menjalankan tanggung jawab. Perlu kemudian pembinaan kemahasiswaan yang dibangun dan dilaksanakan dengan baik melalui perencanaan yang baik, pelaksanaan yang terintegratif dan kolaboratif, serta tentunya juga pelaksanaan evaluasi yang baik.

?Karena sebagai pilar, ketika pilar itu tidak terbangun dengan baik, kemungkinan besar bangunannya akan runtuh. Maka dari itu, penguatan SDM sangat penting karena basisnya pilar-pilar inilah yang akan menjadi media. Di dalam konteks ini, salah satu evaluasi yang dijadikan bagian tolok ukur yaitu bagaimana peran kita di pemeringkatan nasional. Mari sama-sama kita menjadi pilar yang baik dalam konteks kemahasiswaan sehingga amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik,? tuturnya.

Sementara itu, Ketua BEM-KM UNIDA Bogor yang baru dilantik, Abdul Mughni mengatakan, ke depan akan lebih diintensifkan kembali komunikasi diantara seluruh Ormawa untuk sinergisitas berkelanjutan. Abdul Mughni berharap, program yang sudah direncanakan dan tersusun dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan cita-cita bersama mahasiswa UNIDA Bogor.

?Tidak banyak yang saya sampaikan, saya berpegang teguh pada apa yang saya lihat dalam peribahasa Sunda, yaitu satu tekad dan satu ucapan tidak akan pernah diwujudkan tanpa langkah yang nyata. Dalam hal ini harus dibarengi dengan lampah, artinya dijalankan. Jadi tidak hanya pada dimensi fikiran dan tidak hanya dalam perkataan saja. Kami harapkan untuk periode kepengurusan kami mampu menghadirkan sinergisitas, mampu membangun kebersamaan di setiap Ormawa. Etika, intelektual dan justice akan menjadi landasan BEM-KM bergerak,? ujarnya pada saat memberikan sambutan.