Writing Center Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor (WCU) selenggarakan Sosialiasai Program Akselerasi Publikasi (AKSI) yang digelar secara daring menggunakan Zoom Cloud Meetings (13/03). Kegiatan ini diisi oleh Ketua WCU, Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D. dan diihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. Beserta jajaran dan Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M. Si. beserta jajaran dan diikuti oleh dosen UNIDA Bogor.

Wakil Direktur WCU, Dr. Rasmitadila, ST., M.Pd. dalam pemaparan sambutannya menyatakan bahwa diharapkan dengan program ini semakin meningkatkan dosen dalam menulis sehingga menjadi budaya yang baik dan dengan program ini juga untuk menjadikan pelaporan tulisan yang berkualitas bukan hanya kuantitas serta memberikan kontribusi terhadap kinerja UNIDA Bogor di masa sekarang dan masa depan.

"Ada beberapa program yang menjadi fokus dari WCU guna meningkatkan tulisan dan publikasi di UNIDA Bogor yang diantaranya ada program Meet The Chancellor and Rector di tiap bulan wcu akan mengadakan pertamuan dengan cancellor dan rektor UNIDA Bogor yang kegiatan ini menjadi kegiatan khusus bulanan yang membahas, memotivasi, mengevaluasi dan mengapresiasi publikasi dosen. Program kedua yaitu program khusus ilmu hukum "Metodologi Penelitian dalam Ilmu Hukum". Dan program ketiga yaitu ini yang sedang dilaksanakan yaitu Program Akselerasi Publikasi atau yang kami sebut AKSI, " tutur Dr. Rasmitadila, M.Pd.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa program AKSI ini adalah lanjutan dari kegiatan peningkatan tulisan dan publikasi sebelum-sebelumnya yang diharapkan dapat menjadikan UNIDA Bogor mencapai target dalam penulisan dan publikasi.

“Terima kasih kepada Tim WCU dan alhamdulillah hari ini masuk kepada acara Launching Program AKSI yang dimana ini menjadi lanjutan dari acara atau program WCU yang diagendakan sebelumnya untuk peningkatan publikasi UNIDA Bogor. Untuk peningkatan tulisan dan publikasi yaitu dengan cara klasterisasi seperti klaster Tenaga Pengajar, Lektor dan Lektor Kepala. Perlu kita ketahui untuk peningkatan publikasi bukan lah hal yang sulit tetapi harus menggunakan strategi yang baik dan benar dan tentunya melibatkan banyak pihak, oleh karena itu mari sama-sama bekerja bersama untuk peningkatan publikasi ini sehingga acara ini dapat dirasakan manfaatnya,” ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Martin Roestamy, SH., MH. dalam pemaparan arahannya menyatakan bahwa perlunya sikap saling mengajak dan sharing dalam hal penulisan dan publikasi sehingga dosen pemula dapat menulis dan publikasi juga sehingga program peningkatan publikasi dapat berjalan.

“Mari kita saling mengajak dan sharing mengenai penulisan dan publikasi dari dosen yang sudah dapat menulis dan publikasi kepada dosen pemula yang tentu masih harus ada pelatihan dan pembelajaran karena tidak semua dosen UNIDA sudah bisa menulis. Untuk tahapan jurnalnya ada 3 yang kita mulai dari jurnal lokal milik UNIDA Bogor sendiri, kedua jurnal nasional bisa bekerja sama dengan universitas lain dan yang ketiga jurnal internasional dimana bisa kita sendiri ataupun tendem,” ungkap Dr. Martin Roestamy, SH., MH.

Ketua WCU, Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D. dalam pemaparan metarinya menyatakan bahwa WCU senantiasa akan selalu menyelenggarakan program penulisan dan publikasi yang dimana ketika sering mengadakan pertemuan membahas mengenai penulisan dan publikasi maka setiap dosen yang berada di UNIDA Bogor akan terbiasa mengenai tulisan dan publikasi sehingga menjadi sebuah kebiasaan dan budaya yang sangat baik sehingga dapat mendorong UNIDA Bogor meningkat khususnya dalam segi penulisan dan publikasi.

"Ada banyak taktik untuk peningkatan tulisan dan publikasi di UNIDA Bogor yang diantaranya dengan  mengembangkan link kerjasama penelitian, barter artikel dengan perguruan tinggi lainnya, perbanyak mahasiswa yang dapat menulis, dan dalam penulisan diperlukan diterapkannya penghargaan dan peringatan, itu adalah taktik-taktik yang bisa dipakai untuk kepentingan peningkatan penulisan dan publikasi di perguruan tinggu khususnya UNIDA Bogor. Kenapa harus publikasi? Ada beberapa hal yang membuat publikasi itu penting yang pertama yaitu karena publikasi adalah test kualitas yang penting, keuda yaitu publikasi juga menjadi syarat penelitian terbuka, ketiga yaitu dengan publikasi kita dapat dikenal baik dalam negeri maupun internasional, keempat yaitu dengan publikasi juga kita dapat bertemu dengan penulis lainnya dan dapat membandingkan hasilnya, kelima yaitu kita mendapatkan jaringan yang luas dan jika kita meneliti dan keenam atau terakhir publikasi itu penting karena jika tidak dipublikasikan sama saja hasil penelitian tersebut tidak ada,” pungkas Prof. Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M. Eng., Ph.D.