Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Diskusi Perkembangan Studi di Lingkungan UNIDA Bogor yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor (10/06). Diskusi ini membahas mengenai perkembangan dan percepatan studi S3 dosen UNIDA Bogor. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Wakil Rektor II UNIDA Bogor, Dr. Irwan Ch, SE., MM dan Ketua Senat UNIDA Bogor, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si serta diikuti oleh 32 dosen UNIDA Bogor yang sedang menempuh studi S3.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa faktor Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam menentukan mutu perguruan tinggi. Program universitas yaitu peningkatan mutu dosen ditempuh dengan dua jalan yaitu peningkatan kualifikasi yang salah satunya dengan program studi Doktor dan dengan jalan kompetensi yang salah satunya dengan cara peningkatan sertifikasi.

“Harapannya dengan percepatan program Doktor ini maka akan menambah jumlah dosen dengan kualifikasi pendidikan jenjang S3 (Doktor) secara signifikan. Dengan diskusi ini diharapkan pihak universitas tau perkembangan dari dosen yang sedang menjalankan studi Doktor dan jika ada kendala atau masalah maka pihak universitas akan membantu,” ungkap Dr. Ir. Dede Kardaya.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP menyatakan kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan sehingga melancarkan identifikasi masalah dari dosen yang sedang mengikuti studi Doktor agar pihak universitas tahu dan paham akan masalah yang dihadapi oleh dosen yang sedang lanjut studi S3 dan pihak universitas bisa mengupayakan membantu semaksimal mungkin dan menggunakan form agar dosen dapat mengisi masalah apa yang dihadapi secara rinci,” tutur Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP.

Dosen Fakultas Hukum UNIDA Bogor, Jacobus Jopie Gillalo, SH., MH. menyampaikan perkembangan studi S3 dan progres dari pendidikan S3.

“Studi S3 saya sudah masuk ke tahap sidang tertutup semoga pendidikan S3 saya akan segera selesai meskipun banyak mengalami kendala yang hampir sama dengan yang lainnya,” tambah Jacobus Jopie Gillalo, SH., MH.

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIDA Bogor, Radif Khotamir Rusli, S.Ag., M.Ed  menambahkan bahwa progres kuliah studi Doktornya pada bulan mei sudah mengikuti sidang proposal dan sudah dinyatakan lulus untuk melaksanakan penelitian dan sekarang masih menunuggu tiga tahap yaitu kelayakan, tertutup dan terbuka.