Peternakan merupakan bidang yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Dengan semakin meningkatnya minat para konsumen mengkonsumsi hasil dari peternakan tentunya harus diiringi dengan kemajuan dalam bidang peternakan terutama ternak lokal yang ada di Indonesia.

Himpunan Profesi Mahasiswa Peternakan (HIMPROMAPET) Universitas Djuanda Bogor mengadakan sebuah pameran peternakan yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan peternakan swasta yakni Bangun Karso Peternak Indonesia (BKPI), dengan mengangkat tema ”Edukasi Peternakan menghadapi Bonus Demografi dan Industri 4.0 untuk Jayakan Indonesia 2045” yang diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 25-26 Maret 2019 di depan Gedung B Kampus Unida.

Kegiatan ini pun dilaksanakan dalam rangka peringatan DIESNATALIS HIMPROMAPET KE 27, yang bertujuan untuk mengedukasikan mahasiswa dan masyarakat sekitar mengenai pentingnya dunia Peternakan dalam kehidupan. Kegiatan ini melibatkan para siswa dari kalangan Sekolah Dasar (SD) agar menumbuhkan minat terhadap dunia Peternakan yang dimana mereka akan menjadi penerus dimasa yang akan datang.

Ketua Pelaksana kegiatan, Eki Alip Ramadoni mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memupuk kesadaran dan menambah wawasan kita terhadap dunia peternakan yang dianggap kurang diperhatikan. “Seperti yang kita ketahui saat ini banyak kalangan generasi muda yang memiliki pandangan sempit terhadap dunia peternakan, bahkan dunia peternakan hampir dilupakan oleh banyak pihak. Oleh karena itu, HIMPROMAPET dalam acara DIESNATALIS nya yang ke-27 mengemban tugas memperkenalkan dunia peternakan kepada anak-anak dan masyarakat dari usia sedini mungkin, agar kedepannya dunia peternakan banyak diminati oleh para pemuda dan penerus bangsa sehingga dapat memajukan dunia peternakan di Indonesia,” tuturnya.  

Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si memberikan arahan dan sambutan. Dalam sambutannya, Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si berharap agar kedepan peternakan di Indonesia maju dengan mengembangkan potensi dalam negeri yang di topang oleh keahlian setiap masyarakat dalam bidang peternakan. Sehingga suatu saat nanti indonesia dapat menjadi negara yang mandiri dalam bidang peternakan. “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan solusi ataupun salah satu cara agar banyaknya generasi muda dimasa saat ini dan kedepannya banyak yang peduli terhadap dunia peternakan, agar kedepannya tingkat konsumsi daging, susu ataupun protein hewan bangsa Indonesia dapat terpenuhi sepenuhnya,” ujarnya.

Turut hadir pula Rektor Universitas Djuanda Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si yang membuka jalannya acara secara simbolis beserta Wakil Rektor III Dr. Hj. Rita Rahmawati, M,Si, Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Yanyan Mulyaningsih, SP., MP, dan Kepala Program Studi Peternakan Dr. Ir. Anggraeni, M.Si.