Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan English Day yang bertajuk "Dare to Speak English, The World is in Your Hand" (7/12). Bertempat di Aula Gedung C UNIDA Bogor yang dihadiri oleh dosen pembimbing Praktikum Bahasa Inggris, Tursina, S.Pd. dan diisi oleh 2 narasumber, yang pertama Guru SD Nasional Plus BPK Penabur Bogor yang berasal dari London, United Kingdoom, Oliver Holmes dan narasumber kedua yaitu Mahasiswa Asing UNIDA dari Korea Selatan, Jun Sam.

Kegiatan ini bertujuan untuk agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris serta membuka wawasan sejarah bahasa Inggris dan pentingnya bahasa tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Tursina, S.Pd. dalam sesi wawancara.

“Acara English Day ini merupakan peringatan Hari Bahasa Inggris dan diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya sehingga menjadi budaya yang bagus untuk peningkatan bahasa inggris dilingkungan UNIDA Bogor. Dan kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa dapat belajar langsung dari sumbernya sehingga mahasiswa lebih tertarik belajar Bahasa Inggris,” tutur Tursina, S.Pd.

“Diselenggarakannya English Day ini diharapkan dapat mengasah dan menemukan potensi mahasiswa dalam Bahasa Inggris di Era Revolusi Industri ini yang segalanya mengenai teknologi dan internet guna mempersiapkan mahasiswa bersaing di dunia kerja yang akan datang,” pungkas Tursina, S.Pd.

Oliver Holmes dalam materinya menyampaikan tentang sejarah Bahasa Inggris dari waktu ke waktu. Dan juga manfaat Bahasa inggris dalam Revolusi Industri 4.0. yang dimana semuanya bisa terhubung dengan internet kapan pun dan dari Negara manapun.

“Banyak sekali keuntungan atau manfaat dari kita mempelajari Bahasa Inggris di era modern ini yang biasa kita sebut dengan Revolusi Industri 4.0. yang dimana segalanya dimudahkan dengan teknologi terutama internet sehingga kita bisa terhubung dengan siapa pun dan dari Negara mana pun. Keuntungan memperlajari Bahasa Inggris diantaranya yaitu kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang dari negara lain, dapat lebih banyak mendapatkan lowongan pekerjaan, bisa mengerti bahasa global, bisa belajar budaya Negara lain, dan tentunya bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri,” ungkap Oliver Holmes.

Ketua Pelaksana English Day, Rizki Fardan dalam sesi wawancara menyampaikan bahwa kegiatan ini diperuntukan untuk mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam dan memotivasi mahasiswa agar lebih percaya diri dalam berbaha inggris.

“English Day ini diperuntukan untuk mempelajari Bahasa Inggris secara mendalam dari sumbernya langsung dan juga tentunya agar mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar lebih mengenai Bahasa Inggris. Dengan banyak belajar berbahasa Inggris tentunya nanti mahasiswa akan lebih percaya diri dalam penggunaannya yang pastinya sangat dibutuhkan di Era Revolusi Industri 4.0 ini,” pungkas Rizki Fardan. _FAI_