Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November lalu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan rangakaian perlombaan tingkat nasional. Lomba diselenggarakan dalam 3 cabang, yaitu lomba cipta puisi, lomba cipta video dokumenter pelaksanaan magang atau PLP, dan lomba cerdas cermat daring melalui Quizizz. Lomba terbuka untuk kalangan mahasiswa, guru, dan siswa di seluruh Indonesia. Pengumpulan karya lomba cipta puisi dan cipta video telah dimulai sejak 23 November 2020. Sementara lomba cerdas cermat daring dilaksanakan pada acara puncak yaitu pada sabtu 5 Desember 2020.

Ketua panitia pelaksana, Resti Yektyastuti, dalam laporannya pada acara puncak menyampaikan bahwa kegiatan ini antara lain bertujuan untuk memperingati hari guru nasional, melatih kreativitas dan daya fikir peserta, serta memperluas jaringan kerjasama. Resti melaporkan pula bahwa kegiatan diikuti oleh hamper 100 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Jember, Universitas Riau, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Islam Malang, Universitas Merdeka Malang, Universitas WR Supratman, dan Politeknik Tugu Jakarta. Kegiatan diikuti pula oleh siswa kelas XII dari berbagai sekolah, antara lain MAN 13 Jakarta, SMAN 1 Cidahu, SMAN 2 Prabumulih, dan SMK Nur Rohmah Bogor.

Rangkaian acara puncak dibuka oleh Wakil III FKIP, Abdul Kholik. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa rangakain lomba dalam rangka Hari Guru Nasional ini merupakan wujud keikutsertaan FKIP Universitas Djuanda dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk apresiasi FKIP Universitas Djuanda terhadap peran guru di Indonesia. Kegiatan ini pula merupakan wujud keikutsertaan FKIP dalam memajukan pendidikan di Indonesia”, ungkap Abdul Kholik.

Menutup sambutannya, Abdul Kholik menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang telah bergabung dan berpartisipasi dalam berbagai lomba ini.

Acara puncak diselenggarakan secara daring menggunakan aplikasi pertemuan virtual dan dimulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Rangkaian acara diawalai dengan pembukaan dan pelaksanaan lomba cerdas cermat daring.  Materi lomba adalah pengetahuan umum tentang guru dan pendidikan di Indonesia. Lomba ini berlangsung seru dan menyenangkan. Seluruh peserta terlihat sangat antusias menjawab soal demi soal yang tampil pada Quizizz. Lomba dilaksanakan dalam 2 babak; babak penyisihan dan babak final dengan 10 finalis. Hasil cerdas cermat ditampilkan secara langsung pada layar yang dapat diakses peserta melalui aplikasi pertemuan virtual. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dan acara penutupan.

Tampil sebagai juara pada lomba cerdas cermat daring, Muhamad Abdul Kholik asal Politeknik Tugu Jakarta (juara I), Siti Nur Paridotul R dari Universitas Djuanda (juara II), dan Abrar Adzkia Ahmad dari MAN 13 Jakarta (juara III). Sedangkan untuk cabang lomba cipta puisi, juara diperoleh oleh Ahmad Rasyid Anwar dari Universitas Negeri Jakarta (juara I), Zakaria Abdillah Abud dari Unviersitas Negeri Surabaya (juara II), dan Siti Saniawati dari Universitas Djuanda (juara III). Adapun lomba cipta video dokumenter magang PLP dimenagkan oleh peserta asal Universitas Djuanda, yaitu Mutia Aprillia (juara I), Dewi Arum Pinanjung (juara II), dan Muhamad Bustomi (juara III).

Dalam testimoninya, juara I lomba cerdas cermat daring, Muhamad Abdul Kholik menyampaikan antusiasnya mengikuti kegiatan ini dan berharap kegiatan sejenis dapat dilakukan kembali pada tahun-tahun berikutnya.

Acara puncak diakhiri dengan penyerahan hadiah secara simbolis melalui daring. Para pemenang memperoleh piagam penghargaan dan uang binaan total jutaan rupiah. Piagam penghargaan juga diberikan kepada seluruh finalis di semua cabang lomba. (RY)