Dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional, Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor adakan berbagai perlombaan tingkat nasional, Rabu (10/11/2021).

Perlombaan yang diselenggarakan diantaranya lomba cerdas cermat, lomba membaca puisi dengan cosplay pahlawan, lomba menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah, dan lomba vlog diari UNIDAKu yang diikuti oleh insan UNIDA Bogor serta para mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari seluruh Nusantara.

Ketua Pelaksana kegiatan, Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P menuturkan, kegiatan hari ini diselenggarakan dengan tujuan memperingati perjuangan para pahlawan nasional yang sudah berkorban untuk terbebas dari penjajahan. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat lebih mengeratkan tali silaturahmi antar sesama mahasiswa sebagai calon penerus perjuangan bangsa.

"Hari ini, selain kita mengenang para pahlawan yang telah gugur, kita juga mengisi hari pahlawan ini dengan kegiatan apresiasi seni serta perlombaan. Saya berharap kegiatan ini bisa mempererat tali silaturahmi kita, baik sesama para mahasiswa UNIDA Bogor juga para mahasiswa PMM. Walaupun ini tajuk nya kompetisi, namun kompetisi yang bisa memberikan prestasi bersama, kompetisi yang bisa memberikan apresiasi untuk meningkatkan kreativitas kita," tuturnya.

Hadir memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi, Wakil Rektor III UNIDA Bogor Ir. H. Himmatul Miftah mengatakan, banyak cara dalam memperingati hari pahlawan nasional, salah satunya yakni dengan kegiatan perlombaan guna mengenalkan pahlawan nasional dengan cara yang berbeda.

"Pada momen ini, kita kenalkan pahlawan nasional melalui acara yang kalau seminar, kuliah, itu sudah biasa, maka acara perlombaan seperti cerdas cermat, dan ataupun berpuisi dengan menirukan pahlawan diharapkan lebih berkesan. Khususnya bagi para mahasiswa PMM, mudah-mudahan ini juga menjadi kenang-kenangan manakala pulang ke daerah," terangnya.

Salah satu peserta perlombaan cabang lomba membaca puisi, Haswin dari Universitas Halu Uleo Sulawesi Tenggara mengungkapkan, adanya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya kreatifitas mahasiswa sehingga para mahasiswa didorong untuk menggali dan menunjukkan potensi yang ada dalam diri.

"Banyak hal positif dari perlombaan dalam rangka memperingati hari pahlawan yang diadakan ini, tentu salah satunya menjadi wadah bagi kami untuk saling menjalin silaturahmi antar sesama yang dimana banyak perbedaan, baik itu budaya maupun tradisi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UNIDA Bogor Dr. Ir. Ristika Handarini, MP dalam penutupan acara menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba. Dr. Ir. Ristika Handarini, MP berharap kegiatan ini bisa memotivasi untuk dapat lebih berprestasi di kemudian hari.