Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan penandatanganan kesepahaman kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diselenggarakan secara luring di Ruang Rektor Universitas Negeri Mataram di Kota Mataram dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada Kamis, 10 Februari 2022. Penandantanganan kerjasama ini dihadiri oleh Direktur Pascasarjana UNIDA Bogor, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si. beserta jajaran, Wakil Dekan I Fakultas Hukum (FH) UNIDA Bogor Dr. Nurwati, SH., MH, perwakilan Direktorat Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri (DKHLN), Nurul Annisa Yuniarti, M.Pd dan Mas Nur Mukmin, SE., M.Ak serta Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag. beserta jajaran. Kerjasama ini berbentuk MoU antara UNIDA Bogor dan Universitas Islam Negeri Mataram dan MoA bersama Sekolah Pascasarjana, Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Ekonomi Islam (FEI) UNIDA Bogor.

Tujuan perjanjian tersebut untuk melaksanakan pengimplementasian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan prinsip saling memberikan manfaat. Dan ruang lingkup dari kerjasama tersebut meliputi pelaksanaan kurikulum MBKM yang mencakup pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian dan publikasi bersama serta pengabdian kepada masyarakat.

Direktur Sekolah Pascasarjana UNIDA Bogor, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si. dalam paparan sambutannya menyatakan ucapan terima kasih atas sambutan baik dari UIN Mataram dan diharapkan kerjasama ini dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak.

“Kerjasama ini dibutuhkan oleh kedua belah pihak terutama saat ini perguruan tinggi mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah seharusnya membutuhkan kerjasama karena seperti pelaksanaan pertukaran mahasiswa dalam program MBKM membutuhkan kolaborasi,” ungkap Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si.

Rektor Universitas Islam Negeri Mataram, Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada UNIDA Bogor atas kunjungannya sekaligus penandatanganan kerjasama dan diharapkan kerjasama ini tidak sebatas penandatanganan saja akan tetapi dapat diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

“UIN Mataram memiliki Halal Sains Center sama seperti UNIDA Bogor oleh karena itu dapat dikerjasamakan mengenai hal tersebut dan nanti juga diharapkan akan ada kolaborasi dari kegiatan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Islam,” tutur Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag.