Ilmu Sosial Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak kunjungi Universitas Djuanda (UNIDA) Sebagai upaya tindak lanjut kerjasama pada Kamis (4/08/2022), bertempat di Ruang Senat Gedung A. Agenda kunjungan ini meliputi studi satuan perangkat pembelajaran dan sharing peraturan pelaksanaan kebijakan di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Kunjungan IISIP BIAK turut hadir Rektor IISIP Yapis Biak Drs. Djamil Hasim, M.Si. Wakil Rektor 1 Dr. Amiruddin, SE.,M.Si. Wakil Rektor 2 Dr. Hermanu Iriawan, SE., M.Si. dan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Iswahyudi, S.IP., M.IP. Serta di sambut langsung oleh Rektor UNIDA beserta  Jajaran.

Rektor Universitas Djuanda Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH dalam sambutannya mengatakan pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah dilaksanakan tahun lalu.

“Kami ucapkan selamat datang di Universitas Djuanda, terkait ini sebaiknya wakil rektor dan para dekan, tidak hanya menandatangani Implementation Arrangement (IA) saja namun juga segera melaksanakan tindakan atau program yang dapat segera terlaksana. Harapan kedepan, kerja sama yang sudah terjalin bisa lebih baik lagi dan kita tingkatkan beberapa kegiatan yang memang diperlukan dalam pemeringkatan universitas,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor IISIP Yapis Biak  dalam rangka melakukan sharing terkait dengan kegiatan kerjasama yang dilakukan.

“Program dalam waktu dekat yang kita unggulkan salah satunya pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) mahasiswa kami sudah mendapat gambaran data ada 4 orang dari IISIP Yapis Biak yang akan pertukaran mahasiswa di UNIDA, mohon untuk ditinjau dan dibimbing barang kali masih jauh dari harapan perlu pengembangan mahasiswa kami kedepan. Hal ini merupakan kiprah kita dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bagaimana membina anak-anak Papua yang merupakan bagian dari anak bangsa. Kita upayakan OAP (orang asli papua) mendapat perhatian,” ujarnya.

Selain itu program selanjutnya akan ada program daring colaboration dan pembelajaran secara teknis terutama dalam kegiatan mutu dosen untuk kualitas pembelajaran dalam rangka melangkah kedepan untuk lebih baik

“Kita ini mengacu pada kualitas mutu dosen, alhamdulilah di IISIP Biak 70% sudah sertifikasi dosen. Penjajakan kedepan akan ada seminar, kuliah umum, kami memerlukan gambaran dan masukan-masukan untuk membimbing kami dalam rangka pembinaan. Diharapkan kegiatan ini mendapat keberkahan dari Allah dan apa yang kita wujudkan, menjadi langkah perguruan tinggi yang akuntabel, terutama menjaga mutu atau kualitas,” tambah Rektor IISIP BIAK.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoA dengan dekan Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Sekolah Vokasi, Biro Pendidikan dan Pembelajaran, Biro Kemahasiswaan dan Alumni dan Biro Pengembangan Keilmuan.

Pada sesi sharing dan diskusi disampaikan paparan tentang MBKM UNIDA oleh Resty Yektyastuti, M.Pd dari Biro Pendidikan dan Pembelajaran.

“Persiapan program kita kedepan dalam waktu dekat yaitu program PMM yang muaranya memiliki rekognisi mata kuliah 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti PMM. Skema pengakuan hasil belajar MBKM dengan penyetaran pada mata kuliah program studi dengan tetap memegang capaian pembelajaran. Pelaksanaan dari agustus sampai januari dengan menyesuaikan kalender akademik dan dengan perguruan tinggi tujuan,”. ujarnya.

“Kegiatan PMM memfasilitasi pembelajaran, termasuk pengalaman penting dalam kehidupan mahasiswa, kami jadwalkan fasilitas penjemputan di bandara, Inshaa Allah kami menjamin anak-anak PMM yang akan melaksanakan kegiatan PMM di Unida. Pekan lalu sudah melakukan pertemuan dengan mahasiswa yang akan kedatangan ke Unida, kami sudah memberikan aturan yang berlaku di Unida,” tambahnya.