Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Djuanda (UNIDA) Periode 2022-2026 oleh Chancellor UNIDA, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH, pada Kamis (17/3/2022). Proses pelantikan dilaksanakan di Aula Gedung C bersamaan dengan dilantiknya Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si sebagai Ketua Senat UNIDA, dan Dr. (Cand) Samsuri, SE., MM sebagai Ketua Dewan Pengawas Universitas.

Turut hadir dalam pelantikan, diantaranya Bupati Bogor Ade Yasin, SH., MH, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat-Banten Dr. M. Samsuri, S.Pd., MT, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) Dr. H. Bambang Widjojanto, SH., M.Sc dan jajaran, beserta para pimpinan mitra.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNIDA Periode 2018-2022, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menyampaikan, UNIDA akan terus berkomitmen untuk dapat menjadi universitas unggul dengan mengimplementasikan nilai pancadarma. Hal ini akan diteruskan oleh Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH yang secara resmi menjabat sebagai Rektor UNIDA Periode 2022-2026. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si yakin UNIDA dapat mencapai visi dan misi, menggenggam dunia meraih akhirat sesuai cita-cita bersama.

“Terima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian, kepada pimpinan, juga kepala LLDIKTI Wilayah IV yang sampai hari kemarin masih terus mengarahkan kita. Ke depan inshaAllah Pak Rektor Suhaidi akan segera bergabung dengan pimpinan PT di wilayah IV, tentunya kita akan tetap terus bersilaturahmi dan bekerja sama. Saya mohon maaf lahir batin, atas berbagai kesalahan selama saya memimpin, mungkin dalam bersinergi ada hal-hal yang kurang berkenan,” tuturnya pada saat memberikan sambutan.

“Juga terima kasih yang luar biasa pada seluruh mitra dan pejabat di lingkungan UNIDA, secara berjamaah kita melaksanakan tugas dari Yayasan untuk memajukan UNIDA, terutama berfokus pada pencapain visi menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia. Sekali lagi selamat kepada Profesor Suhaidi, inshaAllah kita semua akan mendukung beliau menuju universitas unggul,” tambahnya.

Sementara itu Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan yayasan dan universitas. Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH mengajak seluruh insan UNIDA untuk bersama-sama membangun, menjadikan UNIDA kampus unggul.

“Saya sadar, ini amanah yang harus dipenuhi dan akan dimintai pertanggungjawaban. Untuk itu, dalam perjalanannya ketika saya salah dalam memimpin, mohon ditegur. Saya tidak akan bisa bekerja sendiri, maka mari kita bersama-sama menjadikan kampus ini menjadi kampus unggul. Dengan mengucap bismillah dan memohon perlindungan Allah SWT, izinkan saya melangkah memangku jabatan Rektor UNIDA ini. InshaAllah, kita bisa, dengan nawaitu lillahita’ala,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Chancellor UNIDA, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH mengungkapkan bahwasanya pada saat ini diperlukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai lembaga. Perlu adanya kerja sama yang berkelanjutan yang saling memberikan dampak positif dengan tujuan bersama membangun Indonesia.

“Kami merasa perguruan tinggi swasta itu sahabat, mitra, kita bangun kerja sama dan kolaborasi, mohon dukungan Pak Dr. Samsuri selaku Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten untuk bisa kita saling bersinergi. UNIDA inshaAllah masih tetap kuat mengarungi badai untuk dapat membantu pemerintah mewujudkan lulusan yang cerdas intelektual, spiritual, emosional, sosial, menjadi rahmatan lil’alamin. Itulah cita-cita kita bersama, sesuai dengan visi menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia. Maka, diperlukan kerja sama baik dari pemerintah lokal, regional, nasional dan internasional. InshaAllah apa yang telah dirintis oleh Pak Dr. Dede akan diteruskan oleh Prof Suhaidi, semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Bogor Ade yasin, SH., MH mengatakan, UNIDA sebagai salah satu perguruan tinggi yang masuk ke dalam peringkat 100 besar terbaik nasional diharapkan dapat menjadi mitra produktif Pemkab Bogor untuk dapat bersama-sama mewujudkan program Pancakarsa. Ade yasin, SH., MH juga berharap, dengan resminya Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH sebagai Rektor UNIDA, dapat lebih berperan untuk bisa mengangkat dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Bogor.

“Saya secara pribadi yang juga merupakan alumni UNIDA, mengucapkan selamat kepada Profesor Suhaidi sebagai Rektor periode 2022-2026. Semoga Bapak bisa berperan disini lebih besar, tidak hanya mencetak generasi muda pemimpin ke depan, tetapi juga bisa mengangkat dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bogor. Kemudian bagaimana kita bisa bekerja sama lebih jauh antara Pemkab Bogor dengan UNIDA ini untuk bersama-sama membangun bangsa,” ujarnya.

“UNIDA mampu berkolaborasi, berkomitmen dengan berbagai lembaga melalui berbagai program, contohnya inisiasi program perumahan komunitas di Kabupaten Bogor. Ini menjadi nilai tambah, menjadi prestasi bagi UNIDA. Semoga Prof Suhaidi akan semakin menggelorakan energi positif bagi kemajuan UNIDA sebagai perguruan tinggi yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman,” tutupnya.

Kemudian, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat-Banten Dr. M. Samsuri, S.Pd., MT menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar UNIDA menjadi kampus yang unggul. Diantaranya, pertama adalah investasi sumber daya manusia yang berkelanjutan. Kedua, aktif dan adaptif dengan perubahan zaman. Ketiga, memperkuat sistem penjaminan mutu internal. Keempat, meraih sistem penjaminan mutu eksternal.

“Saya kira itu, saya meyakini dengan kampus UNIDA yang baik ini, dengan program yang ada, maka UNIDA bisa menjadi salah satu pionir untuk menjadi kampus unggul. Unggul kampusnya,unggul lulusannya. Mudah-mudahan Allah meridhoi niat baik kita semua untuk mengakselerasi lulusan berkualitas dan dirasakan manfaat positifnya bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutupnya.

Pada sesi kedua setelah proses pelantikan Rektor, Ketua Senat dan Ketua Dewan Pengawas Universitas, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan para Wakil Rektor beserta para pejabat struktural di lingkungan UNIDA periode 2022-2026. Adapun berikut Wakil Rektor dan nama-nama pejabat struktural yang dilantik beserta jabatan struktural yang diemban:

Wakil Rektor Bidang Akademik        : Dr. (Cand) Aal Lukmanul Hakim, SH., MH
dan Kemahasiswaan

Wakil Rektor Bidang Kerja sama,     : Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH
PMB, dan Urusan Luar Negeri

Wakil Rektor Bidang Pengabdian    : Dr. Ir. Ristika Handarini, MP
kepada Masyarakat, Riset, Inovasi
dan Hilirisasi

Kepala Badan Pengembangan           : Dr. Ir. Mochammad Ali Fulazzaky, CES., DEA
Keilmuan                                                     

Mufti                                                             : Dr. Syamsuddin Ali Nasution, MA

Kepala Badan Penjaminan Mutu       : Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd
dan Perencanaan Institusi                                               

Sekretaris Universitas                           : Dr. (Cand) Aal Lukmanul Hakim, SH., MH

Sekretaris Senat                                       : Dr. (Cand) Andy Lasmana, SE., MM

Sekretaris Dewan Pengawas              : Dr. (Cand) Arti Yoesdiarti, SP., MM
Universitas                                                

Dekan Fakultas Pertanian                   : Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si

Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal  : Dr. Ir. Helmi Haris, M.Si

Dekan Fakultas Ekonomi                     : Dr. Sri Harini, M.Si

Dekan Fakultas Teknologi                   : Dr. (Cand) Ginung Pratidina, M.Si
Informasi Komunikasi dan
Administrasi Publik

Dekan Fakultas Hukum                        : Dr. A. Jaka Santos Adiwijaya, SH., LL.M

Dekan Fakultas Agama Islam             : Dr. (Cand) Zahra Husnul Lathifah, M.Pd.I
dan Pendidikan Guru

Dekan Sekolah Pascasarjana              : Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si

Kepala Sekolah Vokasi                          : Dr. (Cand) Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si