Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor pada tahun 2020 mengambil tagline AKB yang merupakan akronim dari Adaptasi Kebiasaan Baru, program yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di tengah-tengah pandemi Covid-19. Program Adaptasi Kebiasaan Baru merupakan istilah lain dari new normal, yakni diperuntukkan untuk persiapan penanggulangan Covid-19 dengan memastikan protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat setempat. KKN AKB FKIP dengan mengambil tema “Pemberdayaan Mahasiswa berbasis Program Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk Mewujudkan Merdeka Belajar”. Program KKN mahasiswa FKIP diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dalam mempercepat program AKB Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 

Dekan FKIP Zahra Khusnul Lathifah, S.Ag., M.Pd.I. dalam sambutannya menyampaikan “Dengan kondisi pandemi seperti ini tidak mengurangi semangat juang dari mahasiswa FKIP untuk tetap menjalani program pengabdian kepada masyarakat melalui KKN AKB 2020.  pelepasan KKN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya kita melakukan pelepasan secara ceremonial dan tatap muka, hari ini kita melakukan pelepasan secara virtual dikarenakan kondisi pandemi yang membatasi pertemmuan secara tatap muka. Dalam pelaksanaan KKN AKB 2020, sebelumnya mahasiswa sudah dibekali materi pengetahuan tentang etika dan adaptasi KKN dalam penyusunan program kerja baik tugas individu ataupun tugas kelompok yang akan dilaksanakan di masyarakat. Masa pandemi ini merupakan masa yang sulit, namun bukan menjadi hambatan untuk kita dalam menebar kebaikan bagi masyarakat, justru kita jadikan pandemi ini menjadi moment yang luar biasa untuk kita agar tetap bisa berkontribusi nyata melalui pengabdian kepada masyarakat tentunya dengan selalu melaksanakan protokoler kesehatan,  Mudah-mudahan dalam masa sulit dan penuh keterbatasan ini membuat kita menjadi lebih kreatif, inovatif serta tentunya selalu menjaga nama baik almamater kita selama melaksanakan KKN AKB 2020.” ungkap Zahra Khusnul Lathifah, S.Ag., M.Pd.I.

 

Universitas Djuanda Bogor sebagai salah satu universitas yang fokus kepada riset dan pengabdian masyarakat di provinsi Jawa Barat, khususnya Bogor ikut terpanggil untuk berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 yang sedang mewabah di masyarakat. Selanjutnya bentuk kegiatan pengabdian masyarakat masuk kepada kurikulum mata kuliah yang harus ditempuh setiap mahasiswa sarjana. Melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bersama Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) telah merencanakan Kuliah Kerja Nyata Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN AKB) di masa pandemi Covid-19 untuk percepatan penanggulangan COVID-19. Kegiatan KKN FKIP merupakan kegiatan yang terjadwal secara akademik di Djuanda Bogor. Oleh karena itu, percepatan penanggulangan COVID-19 sangat srategis jika dilakukan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

 

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN FKIP UNIDA Bogor kali ini istimewa dikarenakan dilaksanakan pada masa pandemi dan terus mengalami peningkatan kasus positif serta diharapkan dosen pembimbing lapangan dan mahasiswa selalu menerapkan protokol kesehatan.

 

“Diharapkan para dosen pembimbing lapangan dan mahasiswa pada pelaksanaan KKN selalu menerapkan protokoler kesehatan, selalu menjaga wudhu agar selalu dalam keadaan bersih dan suci serta terhindar dari berbagai macam penyakit terutama corona. Dalam kondisi seperti ini kita dituntut untu lebih kreatif sehingga dapat menghasilkan karya nyata yang inovatif dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, indikator kesuksesan seseorang bukan dilihat dari gelar yang dimiliki, namun seberapa besar manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari keberadaanorang tersebut. Harapan saya dalam pelaksanaan KKN FKIP lakukanlah kebaikan dan program yang bermanfaat untuk masyarakat, gali potensi dan memunculkan ide dan produk inovatif yang bisa mengangkat masyarakat sekitar baik dari aspek sosial, ekonomi, dan tentunya aspek pendidikan.” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

 

Materi yang disampaikan dalam pembekalan KKN AKB FKIP 2020 diantaranya materi Adab Mahasiswa Bertauhid dalam KKN AKB 2020, Perencangan Program Kerja KKN AKB di Masa Pandemi, Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di Bidang Kelembagaan Pendidikan Islam, Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di Bidang Pendidikan Sekolah Dasar dan Video Pembekalan KKN AKB FKIP UNIDA Bogor 2020.

 

Secara sistematis mata kuliah KKN ini bertujuan untuk memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang bagaimana cara berpikir dan bekerja secara intersipliner dalam prespektif keilmuan agama, cara penerapan (amaliah) ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam studinya untuk kepentingan masyarakat atau pembangunan, kajian terhadap berbagai problem dan pemecahannya yang dihadapi masyarakat pedesaan serta perlunya tanggung jawab mahasiswa terhadap kesejahteraan masyarakat dan hari depannya yang lebih baik.

 

KKN AKB FKIP 2020 dilaksanakan melalui pendekatan individual dengan berbantuan moda daring karenakan kondisi yang belum memungkinkan dilaksanakan secar langsung mahasiswa terjun ke lapangan. Kegiatan KKN AKB diikuti oleh tiga Program studi yang ada di FKIP, yakni Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Kegiatan mahasiswa merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari panca darma perguruan tinggi. KKN AKB FKIP Universitas Djuanda Bogor tahun 2020 diharapkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa mampu sebagai berikut: (1) melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah pembangunan di masyarakat, (2) melatih mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program di masyarakat, dan (3) menggali berbagai kondisi masyarakat sebagai feedback (umpan balik) bagi Universitas dalam pengembangan panca darma Perguruan Tinggi.