Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui Biro Kerja Sama (BKS) selenggarakan Sharing Session bersama Indonesian Diaspora Network (IDN) Global secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meetings Cloud pada Senin, 14 November 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Rektor II UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, S.H., M.H beserta jajaran dan Kepala BKS UNIDA Bogor, Mega Febriani Sya, M.Pd beserta jajaran serta Presiden IDN Global, Kartini Sarsilaningsih beserta jajaran. Kerja sama ini tentunya bertujuan untuk peningkatan implementasi Tridarma perguruan tinggi.

Wakil Rektor II UNIDA Bogor, Dr. Hj. Endeh Suhartini, S.H., M.H dalam paparannya menyampaikan bahwa UNIDA Bogor sangat antusias dengan rencana Kerjasama dengan IDN Global, harapan kami bisa segera disusun dan disahkan dokumen kesepakatan Kerjasama antara Universitas Djuanda Bogor dengan IDN Global, penandatanganan bisa dilkaukan desk to desk, setelah melakukan sharing session ini.

Selanjutnya Kepala BKS UNIDA Bogor, Mega Febriani Sya, M.Pd dalam paparannya menyatakan bahwasanya kesepakatan kerja sama ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kedua belah pihak. Mungkin secara teknis, UNIDA Bogor akan melakukan drafting terlebih dahulu kemudian menyesuaikan dengan standar berlaku sesuai kebutuhan dari IDN Global juga.

Pada kesempatan yang sama, Presiden IDN Global, Kartini Sarsilaningsih dalam penyampaian paparannya menyampaikan perkenalan personil perwakilan dari IDN Global, dan menyampaiakan profil singkat Diaspora. IDN Global merupakan organiasasi non politis dan non profit yang memiliki tujuan untuk menyerap aspirasi terhadap stakeholder yang terkait, apaun visi diaspora diantaranya yaitu meningkatkan hubungan multilateral antara Indonesia dengan chapter IDN di seluruh dunia maupun negara yang belum memiliki chapter, mengintegrasikan beragam ide, solusi serta jaringan sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan sumbangsih bagi masyarakat Indonesia melalui ide dan kegiatan seperti halnya yang tercermin dalam misi program yang diselenggarakan.

“Kami sepakati kami bersedia melakukan Kerjasama dengan Universitas Djuanda, kami menunggu draft dari Universitas Djuanda bisa dikirimkan melalui humas kami dan akan kami review,” tutur Kartini Sarsilaningsih.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi mengenai kesepakatan kerja sama yang nantinya akan diselenggarakan antara UNIDA Bogor dan IDN Global.