Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Ramadhan in Campus” yang berlangsung pada tanggal 19 – 21 April 2022. Berbagai macam kegiatan diadakan, seperti Kajian Ramadhan dan Khataman Al-Qur’an yang dilaksanakan dari mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan 17.30 WIB.

Dekan Sekolah Pascasarjana, Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si menuturkan, bulan Ramadhan merupakan bulan yang didalamnya terdapat penuh keberkahan. Oleh karena itu, ada baiknya diisi dengan kegiatan bermanfaat untuk menambah nilai keilmuan dan ketaqwaan.

“Jadi kita mengadakan Ramadhan in Campus ini sebetulnya tujuan utamanya adalah bagaimana kita mengisi ramadhan ini dengan beberapa kegiatan yang bermanfaat, baik dalam meningkatkan pengetahuan secara umum, maupun meningkatkan jiwa kerohanian kita sebagai umat muslim,” tuturnya.

Dr. Hj. Rita Rahmawati, M.Si menambahkan, selain kegiatan khataman al-qur’an, juga ada kegiatan ngabuburit di kampus berupa kajian yang mewakili 3 prodi di Sekolah Pascasarjana. Diantaranya yakni program studi Magister Hukum yang mengangkat tema tentang hukum keluarga dalam perspektif islam dengan mengundang Ani Yumarni, SH.I., MH sebagai narasumber. Kemudian, program studi Magister Teknologi Pangan mengangkat tema tentang halal sebagai gaya hidup dengan mengundang Dr. Mardiah, M.Si sebagai narasumber. Lalu program studi Magister Administrasi Publik mengangkat tema mengenai membangun tata kelola pemerintahan yang baik dengan mengundang Dr. Rusliandy, S.STP., M.Si sebagai narasumber.

“Dari tiga materi itu tadi saling terkait bagaimana penguatan keilmuan, sehingga mampu memberikan penambahan kemampuan baik bagi dosen, mahasiswa maupun bagi masyarakat secara umum. Dilakukan di sore hari, dengan tujuan kita sambil menunggu waktu berbuka maka ada baiknya kita mendengarkan semacam webinar pengetahuan umum tetapi dengan menambahkan sisi keagamaan. Jadi mengkolaborasikan pengetahuan umum dengan nilai keagamaannya. Penguatan keilmuan tapi secara keagamaan juga menambah keimanan,” pungkasnya.