Universitas Djuanda (UNIDA) berbangga, pasalnya Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H selaku Chancellor UNIDA secara resmi meraih jabatan Guru Besar atau Profesor dalam bidang ilmu Hukum Agraria. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas raihan ini. Beliau berharap keberhasilan yang diraih dapat menjadi motivasi bagi dosen-dosen UNIDA lainnya agar selalu bersemangat memberikan kontribusi positif untuk kamajuan bangsa dan negara, khususnya kampus tercinta UNIDA dengan semata-mata mengharap ridho Allah SWT.

Pencapaian jabatan guru besar ini merupakan bentuk pengakuan atas konsistensi Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H yang banyak berkontribusi dalam mewujudkan kemajuan di bidang pendidikan.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H berkomitmen, sejalan dengan visi UNIDA, beliau meneguhkan tauhid sebagai dasar untuk menggenggam dunia dan meraih akhirat sesuai dengan apa yang dicita-citakan bersama.

Biografi Singkat

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H lahir di Medan pada 10 Maret 1954 dari pasangan Roestam Yacoob dan Nurma Jamil. Beliau merupakan anak ke-7 dari 11 bersaudara. Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menamatkan pendidikan SLTA di SMA Negeri 1 Bukittinggi Sumatera Barat. Lalu kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan Pengetahuan Masyarakat yang pada saat sekarang ini dikenal dengan Universitas Islam Riau dan lulus menjadi sarjana muda pada tahun 1976. Selanjutnya, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H melanjutkan pendidikan di Universitas Sumatera Utara jurusan Ilmu Hukum dan selesai pada tahun 1980.

Melengkapi pendidikan dan karirnya, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H melanjutkan kuliah di Magister Kenotariatan Program Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Pada tahun 1988, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dinyatakan lulus sebagai Notaris untuk selanjutnya melaksanakan sumpah jabatan sebagai notaris dan sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah. Karir Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H sebagai notaris dimulai dari menjadi notaris di Medan yang kemudian pindah ke Jakarta hingga pensiun.

Semasa berkarir, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H pernah diamanahkan sebagai Sekretaris Jenderal pada Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Sekretaris Jenderal pada Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT). Ditengah kesibukannya sebagai notaris, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H melanjutkan sekolah Strata-2 (S2) di Universitas Krisnadwipayana dan selesai pada tahun 2005. Satu tahun setelah selesai S2, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H melanjutkan kuliahnya di Program Doktoral jurusan Ilmu Hukum Universitas Padjajaran Bandung yang selesai pada tahun 2008.

Bersamaan dengan tugas belajarnya sebagai mahasiswa S3, pada tahun 2006 Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menerima tantangan baru sebagai Rektor Universitas Djuanda sekaligus sebagai Pembina pada Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia (YPSPIAI) yang secara resmi dilantik pada tanggal 17 Maret 2006.

Berbagai penghargaan dan prestasi pernah diraih oleh Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, baik secara pribadi maupun institusi. Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H berhasil membawa UNIDA masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik nasional, hingga berbagai prestasi lain di bawah kepemimpinannya.

Selain itu Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H adalah seorang akademisi yang produktif, diantaranya menjadi narasumber utama dalam berbagai kegiatan ilmiah berkaitan dengan materi hukum agraria, hukum perdata, hukum perikatan dan jaminan, hukum properti, hukum pidana, termasuk hukum perseroan. Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H juga aktif sebagai penulis di berbagai jurnal nasional dan internasional, serta mendapat raihan atas berbagai hak kekayaan intelektual.

Tulisan berupa buku menjadi bagian karya besar Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H. Adapun buku yang berhasil diterbitkannya yaitu antara lain Hukum Jaminan Fidusia, Kapita Selekta Hukum Agraria dan Properti, Hukum Properti Indonesia, Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid, 21 Nilai Karakter Tauhid, Ilmu dan Paradigma Tauhid, Perkembangan Hukum Properti Indonesia (Sebuah Catatan Tentang Prospek), Pengantar Hukum Properti Indonesia (Sebuah Catatan Tentang Refleksitas), Norma-Norma dan Kaidah Hukum Properti Indonesia, dan buku-buku lainnya.