Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bersama Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan seminar Daring dengan dua tema yaitu, "Diam Dalam Kata, Riuh Dalam Do'a" dan, "Mendidik dengan cinta" yang dilaksanakan via zoom meeting pada Sabtu, (16/05).

Seminar Daring ini dimoderatori langsung oleh salah satu Dosen FKIP Universitas Djuanda Bogor sekaligus Anggota Dewan Perwakilan Provinsi JABAR dan Anggota Asesor BAN S/M Provinsi JABAR, yaitu Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd.

Narasumber seminar kali ini adalah dua orang Co-Founder Rumah Keluarga Risman. Nasarumber pertama adalah Praktisi Pendidikan sekaligus Co-Founder Rumah Keluarga Risman yaitu Dr. Faisal Sundani, Lc, M.Ed. dan Narasumber kedua adalah Thingking Coach sekaligus Co-Founder Rumah Keluarga Risman yaitu Wina Risman, M.Ed.

Faisal Sundani, salah satu Narasumber membahas bagaimana pesiapan kita dalam melaksanakan pernikahan. Menikah itu bukan hanya perihal suka sama suka, tertapi banyak yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum memutuskan untuk menikah dan membangun rumah tangga yaitu Iman, mental, dan Ilmu.

"Cinta tak selalu mulus, maka dari itu mencari jodoh perlu do'a, ikhtiar, dan dukungan serta bimbingan dari orang tua. Jika jodoh tak kunjung datang, maka jangan berhenti untuk berikhtiar, berdo'a, belajar dan terus memantaskan diri," paparnya.

Wina Risman, sedikit menyinggung apa yang disampaikan oleh pemateri pertama bahwa ibadah terpanjang adalah menikah. Ada hal yang dilupakan oleh orang tua kita, yaitu ibadah terlama dan terpanjang adalah menjadi pasangan suami istri sekaligus orang tua. 

"Sebelum memasuki dunia per-orang tua-an, kita sebaiknya memiliki bekal berupa basic skill  seperti memasak, manajemen waktu, living skills, child, communication & development. Termasuk bagaimana tentang mengenal diri sendiri, tentang tipe pengasuhan, dan inner child. Pelajaran penting yang diberikan melalui simulasi tentang Peter Pan & Cinderella Syndrome mengenai inner child, belajar Thinking Skills, dan Manajemen keluarga," jelasnya.

Peserta yang turut memeriahkan seminar kali ini merupakan Dosen, Guru dan Mahasiswa yang totalnya berjumlah 384 peserta dari berbagai sekolah dan Universitas se-Indonesia. (fkip)