Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bekerjasama dengan Indonesia Halal Training & Educcation Center Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Komestika Majelis Ulama Indonesia (IHATEC LPPOM MUI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama Indonesia (LSP MUI) selenggarakan Pelatihan Penyelia Halal dan Sistem Jaminan Halal di ruang kelas FIPHAL UNIDA Bogor pada tanggal 21 sampai 23 Februari 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dan Dekan FIPHAL UNIDA Bogor, Dr. Ir. Amar Maruf, M.Si. beserta jajaran.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam pembekalan keahlian pada mahasiswa dan diharapkan mahasiswa nantinya dapat menerapkan sitem jaminan halal ini. Seperti yang disampaikan oleh Rektor UNIDA Bogor. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya.

“Selamat menjalankan pelatihan ini bagi para peserta khususnya wisudawan FIPHAL di wisuda UNIDA Bogor ke-40. Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat karena dapat membekali mahasiswa khsusunya mahasiswa FIPHAL dalam keahlian sistem jaminan halal. Dan diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan sistem jaminan halal di dunia usaha atau dunia kerja yang sesungguhnya nanti,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Pelatihan Penyelia dan Halal dan Sistem Jaminan Hlal ini merupakan program rutin dari FIPHAL UNIDA Bogor dan kegiatan ini bertujuan untuk membekali para wisudawan FIPHAL UNIDA Bogor perihal system jaminan halal. Seperti yang diungkapkan oleh Dekan FIPHAL UNIDA Bogor, Ir. Amar Maruf, M.Si. dalam sambutannya.

“Kegiatan ini sudah menjadi program fiphal, ini sudah menjadi acara ke 15 kali. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terutama UNIDA dan LPPOM MUI. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali wisudawan FIPHAL dalam sistem jaminan halal agar nantinya baik membuka usaha ataupun bekerja disebuah perusahaan, wisudawan paham apa itu sistem jaminan halal,” ungkap Ir. Amar Maruf, M.Si.

Perwakilan dari LPPOM MUI, Evrin Lutfika, S.TP. dalam sambutannya menyatakan bahwa diharapkan dengan pelatihan ini mahasiswa bukan hanya paham penjaminan halal tapi dapat mengaplikasikan nantinya dan dapat menjadi penyelia halal.

“Pelatihan ini untuk membentuk para penyelia halal yang berkompeten sehingga nantinya diharapkan dapat menjalankan system jaminan halal baik dalam usaha sendiri maupun bekerja di sebuah perusahaan hingga baik dalam usaha ataupun perusahaan sistem jaminan halalnya berjalan dengan baik,” pungkas Evrin Lutfika, S.TP. _FAI_