Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk “Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Perkotaan Berbasis Pakan Ikan” di Kampung Ciasin, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor pada Jum’at, 27 November 2020.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DISKANAK) Kabupaten Bogor beserta jajaran, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), Rektor beserta para Wakil Rektor UNIDA Bogor,  Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UNIDA Bogor, para dosen Fakultas Pertanian UNIDA Bogor, serta para perwakilan dari Ecovillage Baraya Bogor.

Direktur DRPM UNIDA Bogor, Dra. Ginung Pratidina, M.Si dalam sambutannya menuturkan, peran perguruan tinggi tidak hanya melakukan pendidikan di lingkungan kampus, namun perlu juga melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terkait hal tersebut, UNIDA Bogor dalam hal ini melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat menjadikan Desa Bendungan sebagai salah satu desa binaan. Nantinya, akan dilaksanakan sosialisasi, pelatihan dan kegiatan penyuluhan terkait dengan perikanan perkotaan berbasis pakan ikan selama satu bulan ke depan dengan menghadirkan para pakar dan akademisi dari UNIDA Bogor.

“Alhamdulilah, pada kali ini kami diberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Ciasin Desa Bendungan, sekaligus kami dapat belajar juga pada masyarakat di sini dalam melakukan budidya perairan. Insyaallah kegiatan ini akan berlangsung dari hari ini hingga bulan nanti, semoga yang kami tawarkan bermanfaat untuk masyarakat di sini. Mudah-mudahan sinergi kita tidak terhenti sampai di sini, tetapi juga akan berlanjut pada kesempatan lainnya,” tuturnya.

Hadir membuka jalannya kegiatan, Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si mengatakan, kegiatan yang terselenggara ini merupakan bentuk implementasi hasil kerja sama dalam nota kesepahaman yang ditandatangani beberapa waktu lalu di antara kedua belah pihak. Selain itu, dengan hadirnya Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor pada kesempatan tersebut diharapkan dapat lebih membuka ruang serta mendorong untuk bersama-sama bersinergi dalam memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat.

“Alhamdulillah pada hari ini kita bisa bersilaturahim, tentunya dalam rangka implementasi MoU yang dilakukan pada beberapa waktu yang lalu. Tentunya dengan kerja sama serta kehadiran Pak Kadis ini menjadi berkah bagi kita semua. Mudah-mudahan program kita juga program pemerintah lancar jaya. Artinya kita saling bersinergi, tentunya untuk mencapai target yang luarannya adalah kesejahteraan ummat,” ucap Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam sambutannya.

Kepala DISKANAK Kabupaten Bogor, Dr. H. Oetje Soebagdja, M.Si turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya tersebut, Dr. H. Oetje Soebagdja, M.Si menyebutkan bahwa Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor dalam hal ini akan mendukung penuh untuk memajukan masyarakat. Disebutnya, UNIDA Bogor memiliki peran besar dengan ikut memberikan pengetahuan dan membagi wawasan bagi masyarakat desa. Hal ini dapat membantu pemulihan ekonomi secara umum, khususnya pada saat masa pandemi saat ini.

“Perihal pengembangan Ecovillage Baraya ini, UNIDA sudah membantu dari segi proses pakan dan pengelolaan ikan, sedangkan dari DISKANAK akan membantu dari segi mesin pakan supaya bisa menambah budidaya masyarakat yang ada di sini. Mudah-mudahan dari situ muncul kembali ecovillage-ecovillage di kecamatan dan desa lainnya di Kabupaten Bogor. Ini akan membantu pemulihan ekonomi, khususnya pada masa pandemi saat ini,” tutur Dr. H. Oetje Soebagdja, M.Si.

Sementara itu Erni Winarni, Sekretaris Ecovillage Baraya Bogor yang mewakili Ketua Ecovillage Baraya menyampaikan apresiasi serta ungkapan terima kasih kepada UNIDA Bogor yang menjadikan Desa Bendungan sebagai desa binaan. Erni Winarni berharap, kerja sama yang terjalin dapat lebih memajukan kesejahteraan warga Desa Bendungan khususnya warga Kampung Ciasin, serta dapat meningkatkan semangat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Saya mewakili teman-teman Ecovillage Baraya Bogor mengucapkan rasa terima kasih atas kerja sama UNIDA dengan kami. Kami selalu berangan-angan untuk semakin maju dan terdepan, alhamdulillah dengan kerjasama ini kami bisa semakin bergerak. Semoga sekali lagi kerja sama ini bisa menjadikan motivasi bagi kami untuk lebih maju dan lebih bersemangat dalam giat lingkungan,” ujarnya.

Setelah kegiatan pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan menebar benih ikan sebanyak 80kg dari UNIDA Bogor untuk Ecovillage Baraya Bogor. Selanjutnya akan diberikan juga benih ikan sebanyak 15.000 ekor ikan beserta mesin pakan dari DISKANAK Kabupaten Bogor yang rencananya akan dilakukan pada sekitar awal bulan Desember dan awal tahun depan.