Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Implementasi Rantai Pasok yang Berpihak pada Petani” yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 Desember 2021 di Cidolog Sukabumi. Kegiatan Pengabdian ini dihadiri oleh Ketua Peneliti,  Ir. Himmatul Miftah, M.Si dan Anggota Peneliti diantaranya Dr. Ir. Apendi Arsyad, M.Si., Siti Mashitoh, S.Pt., M.Si., Ir. Ita Novita, MS., Dr. Ir. Wini Nahraeni, M.Si., dan Arti Yusdiarti, SP., MM. Kegiatan pengabdian ini merupakan Kerjasama FAPERTA UNIDA Bogor dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Ketua Peneliti, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. memaparkan bahwa hasil yang ingin dicapai yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang pengeloaan rantai pasok pepaya yg lebh baik dan kemampuan mengolah pepaya.

“Harapan yang ingin dicapai yaitu petani dapat meningkat pendapatannya dengan cara mengelola penanganan pasca panen yang lebih baik sehingga harga yg diterima meningkat, memperoleh harga yang lebih tinggi dengan mempertemukan dengan pembeli yang dapat membeli dengan harga yang tinggi dari sebelumnya, pembayaran tunai dan kepastian spesifikasi yang diinginkan konsumen serta memperoleh nilai tambah dari diversifikasi olahan papaya, tutur Ir. Himmatul Miftah, M.Si.

Kegiatan pengabdian tersebut di dalamnya terdapat penyampain dari pemateri yang diantaranya disampaikan oleh Arti Yusdiarti, SP., MM mengenai “Pengelolaan Manajemen Gapoktan yang Strategis dan Sistematis”. Dilanjutkan dengan pemateri kedua yang disampaikan oleh Dr. Ir. Apendi Arsyad, M.Si yang membahas mengenai “ Penguatan Sistem Kelembagaan untuk Peningkatan Pendapatan Usahatani Pepaya”. Pemateri ketiga yang disampaikan oleh Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si yang membahas mengenai “Pengelolaan dan Mitigasi Risiko Pasca Panen dan Distribusi”. Pemateri keempat yang disampaikan oleh Ibu Ir. Ita Novita, MS yang membahas mengenai “Pentingnya Grading dalam Penanganan Pasca Panen”. Dan pemateri kelima yaitu Siti Mashitoh, S.Pt., M.Si dan Dr. Ir. Wini Nahraeni, M.Si yang membahas mengenai “Analisis Nilai Tambah Olahan Pepaya”.

Setelah materi disampaikan kemudian kegiatan dilajutkan dengan para peserta untuk mengisi postest untuk mengetahui apakah kegiatan yang telah dilakukan memberikan dampak atau pemahaman kepada para peserta.