Mengangkat topik bertajuk “Stick Together”, Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melakukan studi banding dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOTA) Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, Sabtu (16/10/2021) melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Studi banding merupakan salah satu program kerja Divisi Infokom HIMAKOM UNIDA Bogor yang bertujuan untuk saling bertukar pikiran atau sharing dengan Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang berasal dari kampus lain sehingga diharapkan dapat menambah ilmu mengenai bidang Sains Komunikasi, menambah wawasan terkait HIMAKOM dan kampus lain, serta menjalin hubungan yang baik dengan kampus lain.

Kepala Program Studi Sains Komunikasi UNIDA Bogor Maria Fitriah, S.Sos., M.Si mengatakan, banyak cara untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan. Khususnya dalam bidang keilmuan komunikasi, perlu adanya kemauan untuk dapat mengembangkan jalinan maupun relasi sehingga diperlukan sinergi dan kolaborasi.

“Studi banding memiliki tujuan untuk saling menambah ilmu dan saling berbagi pengalaman dalam himpunan mahasiswa Sains Komunikasi. Semoga dengan adanya studi banding virtual ini bisa menjadikan hal yang bermanfaat satu sama lain,” ujarnya.

Ayu Widya selaku Ketua Pelaksana menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung berjalannya kegiatan studi banding ini. Dalam pelaksanaannya, kegiatan studi banding ini hanya bisa dilaksanakan secara virtual. Namun diharapkan tidak menyusutkan semangat untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman antara para pengurus HIMAKOM UNIDA Bogor dengan HIMAKOTA UNTAG Surabaya.

“Semoga dari kegiatan ini bisa menambah ilmu untuk organisasi masing-masing maupun juga untuk kepengurusan selanjutnya, semoga kita bisa terus menjaga tali silaturahmi ke depan,” sebutnya.

Wakil Ketua HIMAKOM UNIDA Bogor Nissa Dwi Anggraeni menjelaskan, banyak program dari HIMAKOM UNIDA Bogor yang mana salah satu program tersebut ialah dengan melaksanakan studi banding ini. Tidak hanya studi banding, namun juga kegiatan lainnya seperti kajian hingga kegiatan pengabdian rutin diselenggarakan.

“Himakom memiliki visi yaitu menjadi himpunan mahasiswa yang superior dengan iman dan takwa. Struktur organisasi kami dibagi berbagai divisi yaitu, Divisi Kajian, Divisi Infokom, Divisi Minat dan Bakat, dan Divisi MSDM. Divisi Infokom adalah yang memiliki program kerja untuk melakukan studi banding pada hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu Chiera Desta selaku Ketua HIMAKOTA UNTAG Surabaya menuturkan, kegiatan studi banding sangat penting untuk dilakukan. Hal ini guna menambah wawasan dari organisasi himpunan mahasiswa lainnya untuk lebih meningkatkan kapasitas organisasi himpunan mahasiswa itu sendiri.

“HIMAKOTA memiliki visi yaitu menjadikan HIMAKOTA sebagai organisasi yang aktif, inovatif, dan progresif dengan berlandaskann kekeluargaan. Dalam organisasi kami memiliki beberapa bidang diantaranya Litbang, Humas, KSK, Kominfo, PSDM. Dalam kesempatan ini kami sangat berterima kasih kepada HIMAKOM UNIDA Bogor yang sudah menginisiasi pertemuan ini, semoga bermanfaat bagi antar himpunan mahasiswa,” tuturnya.