Unit Sekretariat Universitas Djuanda (UNIDA) yang terdiri dari Bidang Sekretariat dan Tata Usaha, Bidang Promosi, Humas dan Protokoler, serta Bidang Hukum mengadakan pertemuan dalam rangka sharing knowledge terkait dengan tertib administrasi sebagai langkah menuju ISO dan akreditasi unggul, Senin (18/4/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Kelas Sekolah Pascasarjana ini mengundang Sekretaris Dewan Pengawas Universitas (DPU) Arti Yoesdiarti, SP., MM selaku narasumber. Kegiatan ini turut dihadiri juga oleh Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I yang memberikan pengarahan secara langsung.

Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I mengungkapkan, saat ini tertib administrasi merupakan hal yang harus dilakukan mengingat target UNIDA menuju ISO dan akreditasi unggul. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I berharap bahwa melalui kegiatan yang akan rutin dilaksanakan ini dapat menjadikan Sekretariat Universitas sebagai pelopor dalam tata kelola tertib administrasi di lingkungan UNIDA.

“Pada kesempatan ini, secara khusus kita mengundang Ibu Arti Yoesdiarti untuk memberikan pengarahan awal mengenai target universitas mencapai ISO dan akreditasi unggul,” ungkapnya.

Arti Yoesdiarti, SP., MM dalam paparannya menekankan bagaimana pentingnya peran unit penunjang untuk melayani stakeholder, baik itu stakeholder internal maupun stakeholder eksternal. Arti Yoesdiarti, SP., MM menyebutkan, Standar Operasional Prosedur (SOP) sangatlah penting sebagai standar yang dibuat sebagai bagian dari prosedur pelaksanaan kegiatan menjadi lebih sistematis.

“Sekretariat universitas sebagai unit penunjang sangat penting fungsinya, untuk itu kita agar berusaha untuk melayani stakeholder dengan sepenuh hati berbasis pada service orientation. Ini perlu sejalan dengan visi-misi yang diturunkan ke dalam Renstra, Renop, Standar Mutu, Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan. Kemudian perlu adanya sistem pengawasan yang baik,” paparnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Radif Khotamir Rusli, M.Ed selaku Sekretaris Universitas menuturkan bahwasanya Sekretariat Universitas memiliki peran sebagai konteks guna mendukung konten. Konten dalam hal ini yakni diantaranya meliputi pancadarma, visi dan misi, maupun tujuan universitas.

“Konten-konteks harus saling terintegrasi dan melengkapi. Intinya, semua ada prosedur yang harus dipatuhi, kemudian dari SOP tersebut harus ada evaluasi dan asesmen untuk perbaikan maupun penyempurnaan ke depan, sehingga kita perlu memahami SOP sesuai tupoksi kita,” tuturnya.