Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan kampus, Tim Velox Pejaten Badan Intelejen Negara (BIN) bersama dengan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) UNIDA Bogor menggelar sosialisasi, edukasi, dan dekontaminasi pada Senin (5/10). Selain melakukan sosialisasi, edukasi, dan dekontaminasi juga dibagikan masker serta multi vitamin kepada para insan akademik UNIDA Bogor.

Ketua BEM-KM UNIDA Bogor, Andi Khiyarullah menuturkan, kegiatan ini merupakan upaya dan langkah yang dilakukan untuk memberikan pemahamanan kepada umumnya seluruh insan akademik di UNIDA Bogor agar memahami serta menerapkan proses Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di lingkungan kampus.

“Kegiatan sosialisasi ini disampaikan langsung oleh dokter ahli dari tim Velox Pejaten BIN, kemudian dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan di sekitar area kampus. Seperti apa yang tadi disampaikan pada saat sosialisasi, mahasiswa memiliki peran penting terkait dengan penanganan COVID-19, mahasiswa sering berkegiatan dan beraktifitas di luar, sehingga diharapkan dapat lebih memahami dan menerapkan adaptasi kebiasaan baru tersebut,” tuturnya.

BIN sebagai salah satu lembaga pemerintah yang memiliki tanggungjawab untuk menjaga kondusifitas nasional, maka memiliki kewajiban untuk berperan membantu penanganan pandemi COVID-19. Juru bicara tim Velox Pejaten BIN, Abdul Razzaq mengatakan, kegiatan sosialisasi, edukasi, serta dekontaminasi ini merupakan salah satu bagian tugas dari BIN tersebut sebagai lini terdepan menjaga negara dari setiap hal yang dapat mengancam bangsa Indonesia, termasuk ancaman dari pandemi COVID-19.

“Tim Velox Pejaten merupakan tim yang dibentuk oleh BIN yang memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan sosialisasi, edukasi dan juga dekontamisasi terhadap berbagai wilayah, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan lainnya. Tujuannya untuk menyebarkan dan menyosialisasikan kepada masyarakat terkait Adaptasi Kebiasaan Baru, bagaimana penerapannya, sehingga dapat menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Elis Dihansih, M.Si menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak khususnya BIN selaku lembaga yang ikut turut serta dalam menangani dan mencegah penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Hari ini telah dilakukan sosialisasi seputar covid-19 serta penyemprotan disinfektan dilingkungan UNIDA Bogor, melalui kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Badan Intelejen Negara yang telah hadir ditengah masyarakat untuk ikut serta dalam usaha memutus mata rantai penyebaran pandemi COVID-19, semoga pandemi ini segera berlalu. Kita harus selalu optimis bahwa Indonesia bisa melewati musibah dan cobaan ini, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan serta pelindungan kepada kita semua, Aamiin Ya Rabbal’Alamin,” ujar Dr. Ir. Elis Dihansih, M.Si.