Sekolah Vokasi Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bekerjasama dengan Pandu Net selenggarakan Pendampingan Pra Uji dan Kompetensi Profesi Tersetifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diselenggarakan secara luring di Kelas Sekolah Vokasi UNIDA Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan pada tanggal 23 dan 25 April 2022. Pendampingan dalam sertifikasi tersebut diisi oleh Tim dari Pandu Net dan kegiatan dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH.,MH, Kepala Sekolah Vokasi UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. beserta jajaran serta diikuti oleh peserta yang berasal dari unsur tenaga kependidikan (tendik) dan mahasiswa di lingkungan UNIDA Bogor. Skema yang disertifikasikan dalam kegiatan tersebut yaitu skema desainer grafis, web programmer dan komputer operator.

Kepala Sekolah Vokasi UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan ibadah yaitu menuntut ilmu dan melaksanakan membuat diakui keahliannya melalui uji kompetensi ini, kalau keahlian selama ini belum pernah diuji kompetensi maka belum menjadi kelebihan yang diakui secara sah.

“Dalam kisi-kisi akreditasi perguruan tinggi maupun program studi disebutkan bahwa tenaga kependidikan wajib melaksanakan sertifikasi kompetensi yang dimana kegiatan saat ini merupakan kegiatan untuk mengisi kisi-kisi tersebut sehingga dengan lulusnya peserta terutama dari unsur tendik ini bisa memberikan kontribusi yang cukup besar pada akreditasi perguruan tinggi maupun akreditasi program studi. Sertifikasi ini berlaku di nasional dan Asia Tenggara. Oleh karena itu ini merupakan bagian dari Visi dan Misi UNIDA yaitu diakui dunia, dan dengan kegiatan ini merupakan kegiatan untuk diakui oleh dunia,” tutur Ir. Himmatul Miftah, M.Si.

Selanjutnya Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa uji kompetensi ini merupakan hal penting yang dimana pada saat ini dikenal dengan era globalisasi yang dan juga era persaingan, artinya tenaga kerja terampil atau tenaga kerja ahli itu yang diperlukan dalam era ini, termasuk pada perguruan tinggi, tenaga kerja terampil itu sangat penting juga karena menjadi persyaratan untuk kenaikan akreditasi oleh karena pentingnya tenaga terampil maka hari ini akan dilaksanakan uji kompetensi skema desainer grafis dan untuk selanjutnya skema web programmer serta komputer operator.

“Diharapkan untuk para peserta yang ikut dalam sertifikasi kompetensi ini mengikuti seluruh rangkaian acara dengan sungguh-sungguh dan bersemangat karena sertifikasi ini diakui oleh negara yang tentunya sangat bermanfaat untuk kita semua. Harapan kedepannya semoga kita senantiasa dalam segala niat dan usaha kita termasuk dalam kegiatan hari ini diniatkan untuk ridho Allah SWT agar kita mendapat dunia dan mendapat akhiratnya juga,” ungkap Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan tugas-tugas oleh Tim Pandu Net yang harus dilaksanakan oleh peserta dalam uji kompetensi.