Fakultas Ekonomi Islam (FEI) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Penandatanganan MoA dan Lokakarya Hasil Proyek Membangun Desa (PMD) yang bertemakan “Peningkatan Daya Saing Desa Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal Bersasis Syariah Pada Masa Pandemi”. Lokakarya tersebut diselenggarakan di Royal Hotel Kota Bogor pada tanggal 6 November 2021 dan diikuti oleh Wakil Rektor II UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Dekan FEI UNIDA Bogor, Andi Lesmana, MM, beserta jajaran dan Kepala Desa/Lurah tempat diadakannya PMD FEI UNIDA Bogor. Penandatanganan MoU ini antara FEI UNIDA Bogor dan Kelurahan atau Desa mitra pelaksanaan program PMD FEI UNIDA Bogor merupakan kegiatan internal Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNIDA Bogor yang diselenggarakan oleh FEI UNIDA Bogor dan Lokakarya ini pertanggungjawaban mahasiswa yang ikut serta kegiatan PMD dan mempresentasikan hasil dari kegiatan tersebut serta PMD ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang canangkan oleh Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Wakil Rektor II UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP. Dalam penyampaian sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Lurah atau Kepala Desa yang telah menerima dengan sangat baik mahasiswa yang melaksanakan PMD ini dan dalam kegiatan ini ada dua agenda yaitu yang pertama penandatanganan kerjasama antara FEI UNIDA Bogor dan presentasi hasil PMD yang dilakukan oleh mahasiswa FEI UNIDA Bogor. PMD ini bagian dari MBKM yang merupakan amanah dari Kemendikbudristek untuk dilaksanakan karena masuk pada penilaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi oleh karena itu kegiatan MBKM ini tidak mungkin tidak dilaksanakan karena merupakan sebuah kewajiban perguruan tinggi.

“PMD ini melibatkan Lurah atau Kepala Desa serta masyarakat untuk bersinergi sebagai mitra untuk melaksanakan program ini sebaik-baiknya. Dan diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa dapat berinteraksi dengan masyarakat untuk menyusun program yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat tempat PMD dilaksanakan dan diharapkan juga ketika mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat dapat mengembangkan wawasan, skill dan pengalaman,” ungkap Dr. Ir. Ristika Handarini, MP.

Dekan FEI UNIDA Bogor, Andi Lesmana, MM. dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan penghujung dari PMD yang telah dilaksanakan dan PMD ini merupakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa FEI. Dalam kegiatan MBKM ini banyak kegiatan yang mengharuskan perguruan tinggi untuk terjun langsung ke masyarakat sehingga memberikan kesempatan yang besar kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri di masyarakat yang salah satunya program PMD ini untuk mahasiswa ikut serta dalam pembangunan desa.

“PMD ini di dalamnya ada KKN adalah salah satu bentuk implementasi kepada mahasiswa karena KKN merupakan hal wajib bagi mahasiswa untuk dilaksanakan dan merupakan konversi dari kegiatan KKN yang dilaksanakan FEI yang sebelumnya dilaksanakan hanya 40 hari tapi PMD dilaksanakan selama 3 bulan yang dimana 1 bulan untuk pembekalan dan 2 bulan untuk dilapangan serta mengkonversi 12 SKS mata kuliah termasuk 4 SKS KKN di dalamnya. PMD juga merupakan implementasi juga bagi FEI UNIDA Bogor karena merupakan bentuk dari pengabdian kepada masyarakat dari FEI UNIDA Bogor kepada lingkungan sekitar dan tahun ini FEI UNIDA Bogor berkesempatan melaksanakan PMD ini di 7 Desa atau Kelurahan di Kabupaten dan Kota Bogor. Dan diharapkan PMD ini memberikan kontribusi karena antara FEI UNIDA Bogor dan 7 daerah tempat PMD ini mempunyai hubungan simbiosis mutualisme yang berarti saling membutuhkan dan saling memberikan kemanfaatan serta kedepannya diharapkan program ini walau sudah dipenghujung akan tetapi semangatnya tidak luntur baik dari pihak FEI UNIDA Bogor maupun dari Kelurahan atau Desa tempat PMD karena perihal pengabdian pada masyarakat pada hakikatnya tidak ada batas waktu dan tidak berujung,” tutur Andi Lesmana, MM.

Selanjutnya Lurah Muarasari, Karjono, S.IP. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada FEI UNIDA Bogor dan mahasiswa yang telah melaksanakan PMD selama dua bulan dan turut bangga kepada mahasiswa yang telah berhasil ikut serta dalam pembangunan desa khususnya di bidang Unit Mandiri Kewirausahaan Masyarakat (UMKM).

“Mahasiswa FEI UNIDA Bogor telah banyak membuat program-program yang berkaitan dengan pembangunan desa seperti program di bidang kesehatana atau kebersihan, keagamaan, ekonomi dan lainnya yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Karjono, S.IP.

Mahasiswa FEI peserta PMD, Rifaldiansyah dalam sesi wawancara menyatakan bahwa PMD ini banyak memberikan ilmu yang sangat bermanfaat yang didapatkan langsung dilingkungan masyarakat dan dengan waktu dua bulan mahasiswa harus dituntut untuk membuat program bagi kemajuan desa.

“Saya dan tim yang melakukan PMD di Desa Sukamanah berfokus pada kemajuan UMKM yang dimana pada saat ini segala sesuatunya serba digital maka dari itu kami berfokus pada digitalisasi UMKM yang ada di Desa Sukamanah,” ungkap Rifaldiansyah.