Direktorat Pembelajaran (DIKJAR) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor bersama dengan Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi (DSIT) selenggarakan Pelatihan Penguatan Dosen dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui virtual zoom cloud meeting, pada Selasa, 22 September 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.SI beserta jajaran dan diikuti oleh seluruh dosen UNIDA Bogor.

Kegiatan ini ditujukan bagi para dosen di lingkungan UNIDA Bogor dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan dosen untuk melakukan pembelajaran secara daring, khususnya melalui Learning Management System (LMS) UNIDA COOL.

Dr. Widyasari, M.Pd selaku Direktur DIKJAR menyampaikan masa pandemi saat ini mewajibkan sistem pembelajaran yang sebelumnya dapat dilakukan secara tatap muka menjadi daring melalui LMS tersebut. Dan kegiatan ini merupakan rangkaian penguatan bagi para dosen dalam pembelajaran daring. Hal ini perlu dilakukan mengingat adanya beberapa perubahan pada layanan LMS UNIDA COOL, serta surat edaran dari Rektor yang mengharuskan para dosen melakukan pembelajaran jarak jauh.

"Kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari, ada beberapa hal yang harus kita perkuat berdasarkan beberapa masukan dari para dosen terkait dengan PJJ ini. Hal ini sejalan dengan surat edaran dari Rektor UNIDA Bogor yang mewajibkan untuk melakukan pembelajaran daring karena pada saat ini belum memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka langsung," tuturnya.

Pada kegiatan di hari pertama ini ada beberapa materi yang disampaikan, diantaranya penyampaian materi oleh Teguh Prasetyo, M.Pd tentang bagaimana pembuatan soal dan menyimpan materi di LMS UNIDA COOL, lalu dilanjutkan mengenai bagaimana Pembelajaran daring melalui LMS UNIDA COOL yang akan disampaikan oleh Muhammad Encep, M.Kom.

Kemudian pada hari kedua, Dr. Widyasari, M.Pd akan menyampaikan terkait dengan Rencana Pembelajaran Studi (RPS) daring, dilanjut dengan pengenalan fitur-fitur dalam LMS UNIDA COOL oleh Irwan Effendi, M.Pd. serta terakhir penyampaian bagaimana membuat video pembelajaran yang kreatif dan efektif oleh Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.AP. 

Sementara itu, hadir membuka jalannya acara Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si dalam sambutannya mengatakan, sistem pembelajaran daring sudah seharusnya dilakukan dengan tidak hanya sebagai bentuk menggugurkan kewajiban saja. Tetapi, lebih dari itu bagaimana caranya membuat mahasiswa tidak bosan atau jenuh dalam proses pembelajaran daring tersebut sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan juga menyenangkan bagi dosen maupun mahasiswanya.

"Hal-hal kecil sangat mempengaruhi kelancaran dari pembelajaran daring, mohon kita lebih serius. Dalam proses sistem pembelajaran daring ini bagaimana caranya tidak membuat mahasiswa bosan, maka perlu kreatifitas dalam metode pembelajaran. Mudah-mudahan materi yang disampaikan pada pelatihan ini bermanfaat. Lalu selanjutnya bisa diadakan secara rutin untuk me-refresh, ada inovasi yg bisa dilakukan," ujar Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.