Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa semeseter akhir FISIP yang bertajuk “Meningkatkan Kualitas Menulis Mahasiswa untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah” (11/1). Bertempat di Gedung G UNIDA Bogor, pelatihan ini diisi oleh Maria Fitriah, S.Sos., M.Si. dan Berry Sastrawan, S.Sos., MAP. serta Afmi Apriliani, S.Sos., MAP. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir baik dari prodi Adminitrasi Publik maupun prodi Ilmu Komunikasi yang berjumlah 86 peserta.

Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dan upaya untuk mempercepat mahasiswa untuk menyelesaikan masa studi. Seperti yang disampaikan oleh Berry Sastrawan, S.Sos., MAP. dalam sesi wawancara.

“Kegiatan Pelatihan ini merupakan agenda tahunan dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah sehingga mahasiswa nantinya bisa mengupload karya ilmiahnya di open jurnal system karena di FISIP UNIDA Bogor terdapat dua jurnal yaitu Jurnal Governance untuk prodi Administrasi Publik dan Jurnal Komunikatio untuk prodi Komunikasi. Dan kegiatan ini untuk mempercepat masa studi mahasiswa FISIP karena semakin cepat lulus makan akan semakin bagus dampaknya pada akreditasi,” tutur Berry Sastrawan, S.Sos., MAP.

Maria Fitriah, S.Sos., M.Si. dalam penyampaian materi mengenai teknik penulisan substansi artikel dan sesuai dengan format template penulisan, menyampaikan bahwa dalam kesimpulan harus memuat temuan hasil penelitian yang mencerminkan kebaruan, keorisinilan kepioneran, dan kontribusi ilmiah dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Implikasi dipaparkan dalam bahasa yang sederhana agar noncendekia dapat memahaminya dengan mudah,” pungkas Maria Fitriah, S.Sos., M.Si.

Dalam penyampaian materinya, Afmi Apriliani, S.Sos., MAP. menjelaskan tentang plagiarism yang dimana baik skripsi maupun artikel ilmiah nantinya harus lolos dari plagiat. Karena setiap skripsi maupun artikel ilmiah harus asli dari penulis tidak plagiat dari sumber lain.

“FISIP menyediakan bagi mahasiswa yang ingin cek plagiat dan juga disini saya akan menjelaskan cara membuat akun dan login di jurnal yang FISIP UNIDA Bogor,” pungkas Afmi Aprliani, S.Sos., MAP.

Peserta Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, Inda Sri Mulya mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut untuk memotivasi mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan skripsi dan artikel ilmiah yang sesuai dengan bidangnya.

“Pelatihan ini menurut saya sangat bagus dan bermnfaat sekali karena dengan pelatihan ini kita bisa tahu bagiaman cara membuat akun jurnal dan artikel. Tentunya memudahkan semester akhir ketika nanti publikasi skripsi atau artikel ilmiahnya,” ungkap Inda Sri Mulya. _FAI_