Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan kegiatan Visiting Lecturer dengan tema "Peningkatan Kualitas Pembelajaran dalam Kelas dan Kemitraan Program Studi melalui Program Visiting Lecturer" yang dilaksanakan secara hybrid, dalam jaringan melalui platform zoom meeting dan luar jaringan yang berlangsung di Hotel Royal Pajajaran Bogor dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan visiting lecturer ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2021 yang berfokus sebagai penilaian dari mata kuliah Sosiologi Hukum bagi mahasiswa semester 1 FH UNIDA Bogor dengan menghadirkan Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si selaku Guru Besar Sosiologi Hukum Universitas Pancasila sebagai Dosen Tamu.

Dekan FH UNIDA Bogor Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap dengan adanya kegiatan visiting lecture ini menjadi sebuah kesempatan emas bagi mahasiswa FH UNIDA Bogor untuk menambah ilmu dan pengalaman yang akan disampaikan.

"Mewakili keluarga besar FH UNIDA Bogor saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaan Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si untuk dapat hadir ditengah kesibukan aktivitasnya dalam memberikan pengalaman dan ilmu pengetahuan kepada kami semua di FH UNIDA Bogor," ujarnya.

Dekan FH UNIDA Bogor juga mengungkapkan bahwa visiting lecturer ini merupakan bagian dari penilaian untuk mata kuliah sosiologi hukum bagi mahasiswa semester 1 FH UNIDA Bogor.

"Kegiatan visiting lecturer ini juga nantinya akan menjadi bagian dari penilaian dalam mata kuliah Sosiologi Hukum, dan akan ada penugasan dengan reward bagi mahasiswa yang menyelesaikan tugasnya dengan baik dan mendapatkan nilai yang baik maka hasil tugasnya nanti akan di-publish melalui website global yang digagas oleh Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si. Jadi saya berharap seluruh mahasiswa harus fokus, serius, dan siap menerima ilmu serta pengalaman yang akan diberikan oleh Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si hari ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si selaku dosen tamu memaparkan materi seputar sosiologi hukum dan penayangan video sebagai media studi kasus yang harus dianalisis oleh mahasiswa FH UNIDA Bogor sebagai tugas.

“Sosiologi hukum merupakan kajian hukum dengan melibatkan perspektif struktur sosial. Dalam hal ini fokus sosiologi hukum bukan hukum, tetapi sistem hukum,” jelasnya.

“Beberapa ahli yang menjabarkan teori sosiologi hukum yakni diantaranya Max Weber, Emile Durkheim, Talcott Parsons, Robert Merton, Van de Berge, hingga Lawrence M Friedman,” tambahnya.

Lebih jauh Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si juga menjelaskan mengenai akomodasi budaya hukum dalam pengambilan putusan hakim. Diakhir Kegiatan visiting lecturer ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara mahasiswa dengan Prof. Dr. Ade Saptomo, SH., M.Si.