Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan pelatihan Turnitin untuk peningkatan kualitas penulisan karya tulis ilmiah dan publikasi karya ilmiah yang terhindar dari plagiarisme, pada Senin (28/11/2022) di Ruang Serbaguna Sekolah Pascasarjana UNIDA. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh Editor in Chief Jurnal Program Studi dan Ketua Program Studi di lingkungan UNIDA yang dipandu oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H.

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek tingkat plagiarisme dalam tulisan ilmiah, diantaranya aplikasi Turnitin dan Plagiarism Checker X.

Plt Rektor UNIDA, Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas kehadiran narasumber pelatihan pada hari ini, yakni Saharman Gea, S.Si., M.Si., Ph.D dan Averroes Fazlurrahman PiliangS.Si., M.Si yang akan memberikan pencerahan untuk kemajuan UNIDA serta secara lebih teknis memberikan pelatihan pemanfaatan aplikasi Turnitin.

Alhamdulillah, sudah hadir ditengah-tengah kita Bapak Saharman Gea, S.Si., M.Si., Ph.D dan Bapak Averroes Fazlurrahman PiliangS.Si., M.Si yang hari ini akan berbagi ilmu tentang penggunaan Turnitin, yang kemudian akan menjadi panduan bagi kita dalam upaya  meningkatkan kualistas penulisan skripsi, tesis, dan karya tulis ilmiah lainnya untuk peningkatan kualitas jurnal yang ada di UNIDA. Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu peserta pelatihan ini, khususnya saya ucapkan terima kasih kepada Chancellor UNIDA Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dan Prof. Dr. H. Edi Warman, S.H., M.Hum yang telah mempertemukan kita dengan Bapak Saharman Gea, S.Si., M.Si., Ph.D. Banyak chemistry yang terjalin baik, sehingga kita harapkan banyak hal yang dapat disinergiskan untuk UNIDA yang lebih maju dan memberikan kebermanfaatan untuk umat,” tutur Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I.

Pada kesempatan yang sama, Chancellor UNIDA Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menuturkan bahwasanya pelatihan Turnitin ini menjadi penting guna menghindari plagiarisme yang sangat tidak boleh dilakukan oleh akademisi. Hal ini juga berkaitan dengan peningkatan kualitas tulisan karya ilmiah yang berdampak juga pada peningkatan kualitas jurnal.

Hadirnya Saharman Gea, S.Si., M.Si., Ph.D dan Averroes Fazlurrahman PiliangS.Si., M.Si yang diharapkan dapat memotivasi juga para Djuanda Reborn untuk ikut serta bersama-sama membangun UNIDA melalui peningkatan tulisan karya ilmiah tersebut.

“Selain melaksanakan pelatihan Turnitin, nantinya akan kita canangkan untuk membuat kegiatan khusus membuat proposal penelitian, serta target lainnya seperti pertukaran pelajar internasional, rencana pembuatan program studi baru, hibah internasional, hingga membuat beasiswa luar negeri,” tuturnya.

“Mohon kesediaan para narasumber untuk dapat melihat kelemahan kami yang salah satunya adalah terkait dengan repository jurnal. Kita akan fokuskan di tingkat Prodi untuk merapikan dan meningkatkan kualitas penulisan,” pungkasnya.

Sementara itu, Saharman Gea, S.Si., M.Si., Ph.D dalam paparannya menjelaskan mengenai plagiarism in Academic study understanding, strategy, identification.

“Kenapa banyak orang menggunakan aplikasi Turnitin? Pertanyaan ini bisa kita jawab karena melalui penggunaan aplikasi Turnitin terdapat kelebihan tersendiri, karena Turnitin memiliki resources yang sangat luas sampai dengan sumber pustaka kecil sekalipun dapat teridentifikasi, dan ini yang menjadi alasan Dikti menggunakan turnitin sebagai salah satu aplikasi yang digunakan dalam melakukan penilaian. Kita harus menghindari plagiarisme dan meningkatan standar kualitas pendidikan untuk kemajuan bersama,” tutur Saharman Gea, S.Si., M.Si., Ph.D.

Setelah sesi pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan praktik penggunaan aplikasi Turnitin bagi Editor in Chief Jurnal dan Ketua Program Studi di lingkungan UNIDA.