Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Dr. La Ode Amril, M.Pd. ikut serta dalam Pelaksanaan Program Kejar Mutu II Wilayah Timor Tengan Selatan Nusa Tenggara Timur yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tanggal 11 November 2021 di Aula Kantor Dinas P&K Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas P&K Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT, Dominggus J.O. Banunaek, SE., M.Si, Perwakilan Direktorat SD Kemendikbudristek, Ariati Dano, M.Pd dan Wulan Ayu I, S.Pd, Tenaga Ahli Program Kejar Mutu II Universitas Djuanda Bogor, Dr. La Ode Amril, M.Pd, Koordinator Fasilitator, Dr. Aloisius L. Son, M.Pd, Para Kepala Sekolah Sasaran Program Kejar Mutu II serta para Fasilitator dari 10 Sekolah Sasaran Program.

Perwakilan Direktorat SD Kemendikbudristek, Ariati Dano, M.Pd. dalam sambutannya menyatakan program Kejar Mutu melalui Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas bertujuan untuk menanggulangi learning loss terutama pada literasi, numerasi, dan psikososial siswa Sekolah Dasar, terutama untuk wilayah-wilayah dengan kategori 3T dan Non-3T dan program ini sebagai wujud kehadiran Pemerintah Pusat  RI dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia terutama pasca pandemi Covid-19 dan memasuki era new normal.

Kepala Dinas P&K Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT, Dominggus J.O. Banunaek, SE., M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa Dinas P&K Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT menyambut baik program Kejar Mutu yang dilenggarakan di Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT yang diselenggarakan oleh Direktorat SD KemdikbudRistek.

"Harapannya semoga melalui program ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT. Selain itu, diharapkan juga agar program seperti ini terus dilakukan ditahun-tahun selanjutnya demi peningkatan mutu pendidikan serta kedepannya 10 sekolah sasaran program ini dapat menjadi pengimbas bagi sekolah lain di Kab. TTS agar sekolah lain juga memperoleh manfaat dari program ini,” ungkap Dominggus J.O. Banunaek, SE., M.Si.

Selanjutnya Tenaga Ahli Program Kejar Mutu II Universitas Djuanda Bogor untuk wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT, Dr. La Ode Amril, M.Pd. dalam penyampaiannya menyatakan bahwa Universitas Djuanda Bogor berupaya untuk terus bersinergi dengan pemerintah pusat dalam peningkatan dan pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Program ini sudah disiapkan secara maksimal dengan dilakukan pembekalan kepada para fasilitator yang nantinya akan bertugas di sekolah sasaran masing-masing yang sudah disepakati dan para tenaga pendamping atau fasilitator Program kejar mutu II melalui pendampingan PTM Terbatas di TTS akan melakukan pendampingan kepada para siswa SD mulai  12 Nov 2021 hingga 12 Desember 2021,” tutur Dr. La Ode Amril, M.Pd.