Dalam upaya peningkatan mutu Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Tim Audit Mutu Internal Universitas Djuanda laksanakan sosialisasi instrumen penilaian Audit Mutu Internal (AMI) secara virtual via google meet (3/12).

Dr. Ir. Ristika Handarini, MP selaku Ketua Audit Mutu Internal 2020 menyampaikan dalam laporannya bahwa seluruh kegiatan audit menyesuaikan serta beradaptasi dengan keadaan pandemi yang kita alami saat ini.

“Kami melaksanakan siklus AMI pada tahun 2019 di bulan Oktober dan Desember, serta kami selesaikan melalui laporan yang kami serahkan kepada Rektor. Namun pada tahun ini, melihat kondisi pandemi yang mengharuskan kita melakukan aktivitas secara daring, maka hari ini kami akan memaparkan instrumen AMI terbaru,” paparnya.

“Kami melakukan adaptasi audit, normalnya audit dilakukan secara tatap muka untuk memeriksa dokumen dalam bentuk hardcopy, namun saat ini kami akan melakukan secara daring dengan mengisi isian dalam bentuk soft file, sebagai acuan ketercapaian standar SPMI,” tambahnya.

Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si selaku Rektor UNIDA Bogor menyampaikan bahwa semua fakultas dan unit kerja harus memahami setiap poin dari AMI, karena dengan dilaksanakannya AMI, maka unit kerja senantiasa melakukan evaluasi diri berkelanjutan serta senantiasa tertib administrasi dan pelaporan.

“AMI ini adalah master key untuk sebuah keberhasilan Institusi, dan merupakan starting point untuk menentukan kemajuan semua unit dalam sebuah Institusi. Komitmen pimpinan merupakan faktor yang bernilai besar sebagai uswah untuk menjalankan amanah dalam melaksanakan pancadarma Perguruan Tinggi di UNIDA Bogor. Kita semua berharap bahwa UNIDA Bogor bukan hanya sebagai tempat kita bekerja dan bertugas, namun UNIDA Bogor juga adalah sebagai kendaraan  untuk tempat kita Kembali kepada Allah SWT. Mari sama-sama luruskan niat bahwa kita bekerja bukan hanya mengejar dunia tapi juga menggengam ukhrowi, jadikan lelah kita bekerja sekaligus  ibadah kepada Allah SWT. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan, kesehatan, dan keberkahan kepada kita semua agar kita tetap bisa mengabdi di UNIDA Bogor,” Ucap Rektor UNIDA Bogor dalam sambutannya.

Arti Yusdiarti, SP., MM, anggota Tim Audit Mutu Internal serta pemateri dalam sosialisasi ini menyampaikan pelaksanaan AMI yang efektif, berkualitas dan efisien di era covid-19.

“Audit kita laksanakan seluruhnya secara daring melihat kondisi saat ini, kita harus mampu beradaptasi agar dalam kondisi serba terbatas kita tetap dapat melaksanakan tugas audit secara maksimal. Standar kuantitatif akan dievaluasi melalui instrumen Lembar Kerja Program Studi/Perguruan Tingi yang dimodifikasi. Adapun standar yang bersifat kualitatif akan dilakukan melalui instrumen Dokumen dan Bukti Kinerja (DBK) yang akan dilampirkan dalam bentuk tautan. Pelaksanaan audit kali ini akan banyak menyiapkan dokumen dalam bentuk soft file. Banyak manfaat terkait penyimpanan data dalam bentuk soft file, diantaranya keterkumpulan data dan dokumen soft file dapat tersimpan dengan baik, memudahkan saat pencarian data di kemudian hari, membiasakan tetib administrasi, promosi melalui laporan kinerja melalui rilis kegiatan yang dapat di posting melalui website maupun media sosial dan tentunya lebih aman dilakukan di masa pandemi,” pungkas Arti Yusdiarti, SP., MM dalam penjelasannya.