Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Penandatanganan Kontrak Penelitian bagi Dosen pemenang seleksi hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) UNIDA di Aula Fakultas Hukum pada kamis (22/09/2022). Hibah PDP ini merupakan hibah yang dikeluarkan rutin setiap tahunnya guna peningkatan kemampuan dosen dalam melakukan penelitian dan luaran hilirisasi dari penelitian seperti publikasi karya ilmiah di jurnal bereputasi, Hak Kekayaan Intelektual, dan luaran lainnya. Kegiatan ini merupakan tahapan lanjutan dari tahap seleksi proposal yang selanjutnya diperoleh hasil seleksi melalui penilaian proposal penelitian yang dilakukan oleh reviewer internal Universitas dan dinyatakan layak untuk menjadi penerima hibah penelitian dosen pemula.

Dr. Ir. Ristika Handarini, MP selaku Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian, Inovasi, dan Hilirisasi UNIDA  menyampaikan bahwasannya tahapan seleksi Hibah PDP ini cukup Panjang dan sumber pendanaan Hibah PDP ini didanai secara mandiri oleh UNIDA dengan harapan dapat mengasah kemampuan penelitian dosen serta meningkatkan semangat dosen dalam menulis.

“Tahapan proses seleksi terhitung cukup panjang yaitu dalam rentang satu bulan, karena kita lewati beberapa tahapan seleksi sehingga memunculkan hasil proposal penelitian yang lolos seleksi dari penilaian reviewer. Durasi waktu penelitian yang telah ditentukan berjalan selama 4 bulan dan diharapkan bapak dan ibu yang lolos seleksi sudah dapat memulai untuk melaksanakan penelitian sesuai bidang ilmu masing-masing, semoga penelitian bapak dan ibu dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan luaran penelitian sesuai dengan kontrak penelitian yang telah dibuat," tutur Dr. Ir. Ristika Handarini, MP.

Sebagai informasi hasil seleksi proposal penelitian Hibah PDP UNIDA tahun 2022  terpilih sebanyak 19 proposal penelitian yang terdiri dari 3 proposal penelitian dari Fakultas Pertanian (FAPERTA), 5 proposal penelitian dari Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL), 7 proposal penelitian dari Fakultas Ekonomi (FE), 3 proposal penelitian dari Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) dan 1 proposal penelitian dari Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG).