Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melaksanakan program penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS yang terdiri dari dosen serta mahasiswa antara prodi Administrasi Publik dan Sains Komunikasi ini dilakukan pada 12-31 Desember 2021 di Desa Sirna resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi (23/12).

Pengabdian Masyarakat ini bertema Penerapan Model Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa Wisata serta Edukasi Desain Komunikasi Visual untuk Peningkatan Promosi di Wilayah TNGHS, Desa Sirna resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang diketuai oleh Rita Rahmawati ini ditujukan kepada kalangan pemuda, Kelompok Wanita Tani (KWT), dan barisan kolot yang berlokasi di Kasepuhan Sinar Resmi.

“Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat berupa perubahan perilaku pengetahuan, perubahan perilaku dan perubahan pendapatan. Perubahan pengetahuan bagi masyarakat difokuskan pada pengetahuan seputar pariwisata karena tidak bisa dihindari sejak Kasepuhan Sinar Resmi atau Desa Sirna resmi ini masuk ke dalam wilayah Geopark Ciletuh. Maka akan banyak mendatangkan wisatawan, masyarakat harus mampu menerima, serta bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan wisatawan. Karena itu, masyarakat harus paham betul apa itu pariwisata dan hal-hal apa yang harus dipersiapkan di dalam kepariwisataan ini, termasuk membaca peluang untuk peningkatan keterampilan yang nantinya dapat memunculkan usaha baru bagi masyarakat yang akhirnya akan ada peningkatan pendapatan masyarakat dalam jangka panjang,” Pungkasnya.

Ginung Pratidina selaku Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UNIDA Bogor menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara UNIDA Bogor bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (kemendikbudristek).

“Program ini merupakan hasil kolaborasi antara UNIDA Bogor bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam rangka peningkatan peran masyarakat serta menggali potensi yang ada di masyarakat untuk dapat dimaksimalkan keberadaannya. Kami menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi luar biasa khususnya kepada Kemendikbudristek atas dukungan dan kepercayaannya kepada UNIDA Bogor dalam menjalankan program ini. Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan UNIDA Bogor atas dukungan dalam setiap proses kegiatan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua pada umumnya dan khususnya bagi masyarakat,”.  

Ada pun program yang diberikan meliputi peningkatan kapasitas kelembagaan desa wisata, pengembangan potensi wisata berbasis budaya lokal, aksesibilitas dan fasilitas penunjang, literasi media digital, edukasi elemen-elemen visual, peningkatan keterampilan usaha yang mendukung pariwisata dalam bentuk pelatihan pembuatan pupuk, pelatihan pembuatan minuman herbal, dan pelatihan membuat konten video di media sosial sebagai media promosi desa wisata.

“Adanya kegiatan ini sangat menguntungkan kami untuk membantu mengembangkan Kasepuhan Sinar Resmi. Memang banyak potensi yang bisa diolah dan dipasarkan,” ungkap Kosasih sebagai salah seorang barisan kolot.

Tidak hanya dalam aspek kapasitas kelembagaan, tetapi juga memberikan edukasi dan keterampilan peningkatan promosi sebagai desa wisata melalui desain komunikasi visual dengan pengembangan media sosial. “Kasepuhan sudah punya media sosial seperti instagram dan youtube. Tapi kurang aktif dalam pengelolaannya. Media sosialnya perlu dikembangkan menjadi lebih hidup dan baik lagi,” ujar Saragosa Gia sebagai pengelola instagram Kasepuhan Sinar Resmi.