Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan soft launching Writing Center UNIDA (WCU) yang dinaungi oleh Direktorat Pembelajaran dan Hilirisasi (DPH) UNIDA (17/12). Kegiatan ini bertempat di Gedung A UNIDA dan dihadiri oleh Rektor UNIDA, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran dan Ketua Senat UNIDA, Dr. Ir. M. Ali Fulazzaky, CES., DEA.

Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi sekaligus soft launching WCU yang fungsinya untuk meningkatkan publikasi di UNIDA. Seperti yang disampaikan oleh Rektor UNIDA, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya.

"Alhamdulillah program writing center ini sudah dapat berjalan dengan di tandai dengan sosialisasi dan soft launching nya hari ini, diharapkan writing center ini bisa mempercepat atau melakukan akselerasi publikasi di jurnal internasional bereputasi, dengan adanya UNIDA Writing Center, mudah-mudahan tim peneliti unida dapat berlari lebih kencang dari segi publikasi sehingga dapat meningkatkan publikasi lebih banyak lagi, dan saya harapkan kerjanya sistematis dan terprogram sehingga di fakultas nanti dapat menargetkan jumlah publikasi," tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Dibentuknya WCU ini diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh dosen dalam menulis dan publikasi. Seperti yang diutarakan oleh Dr. Rasmitadila, M.Pd. dalam sambutannya.

“Dalam kegiatan sosialisasi dan soft lauching ini diharapkan dapat memberikan jalan keluar atau solusi dari masalah yang dihadapi oleh para dosen dalam menulis dan mempublikasi. Masalah yang dihadapi para dosen diantaranya tidak memiliki cukup waktu untuk membaca literatur, tugas mengajar sebagai dosen lebih banyak, tugas lain atau tugas tambahan sebagai dosen selain mengajar, belum memahami cara membuat artikel dan tidak memiliki hasil penelitian sendiri,” tutur Dr. Rasmitadila, M.Pd.

Ketua Senat UNIDA, Dr. Ir. M. Ali Fulazzaky, CES., DEA. Menyampaikan bahwa menulis dan mempublikasikan hasil tulisan adalah ibadah dan banyak manfaat yang didapat dari menulis.

“Menulis adalah ibadah dalam Islam karena pada dasarnya menulis itu menuntut ilmu sesuai dengan ajaran islam. Banyak manfaat dalam menulis artikel ilmiah diantaranya menulis ialah crucial quality test karena paling sulit dalam belajar adalah menulis atau publish sehingga kita sebagai dosen dapat lebih belajar lagi, menambah ilmu, dengan menulis juga pastinya akan membaca hasil orang lain dan membandingkan hasil tulisan kita dengan orang lain sehingga lebih bisa meningkatkan kemampuan menulis serta dengan menulis juga dapat memperluas jaringan.” Ungkap Dr. Ir. M. Ali Fulazzaky, CES., DEA. _FAI_