Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) selenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan tema "Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa yang Kreatif, Inovatif dan Mandiri" yang dilaksanakan secara luring di Aula Gedung C UNIDA Bogor pada Selasa, 4 Oktober 2022. Seminar tersebut diisi oleh Dosen Fakultas Pertanian (FAPERTA) UNIDA Bogor, Ir. Nur Rochman, MP dan Dosen Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA Bogor, Tiana Fitrilia, S.Pd., M.Si serta dihadiri oleh Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, SH., MH beserta jajaran.

Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa dunia sudah memasuki era globalisasi yang merupakan era persaingan artinya jika tidak mampu bersaing maka akan tertinggal baik secara individi, bangsa dan negara. Era globalisasi itu ibarat bermain bola maka kita harus berusaha menjadi pemainnya bukan sebagai bolanya.

Dengan kegiatan ini diharapkan nanti akan muncul wiruasahawan dari UNIDA Bogor yang normatif dan kompetitif sehingga dapat bersaing secara lokal, nasional maupun internasional. Semoga dalam kegiatan ini semua ilmunya dapat kita pahami dan kita maknai sebagai hal yang perlu kita pelajari dan kembangkan,” ungkap Prof. Suhaidi, S.H., M.H.

Selanjutnya Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya seminar ini merupakan agenda untuk menumbuhkan jiwa Entrepreneur di kalangan mahasiswa UNIDA Bogor khususnya karena nantinya UNIDA Bogor akan menuju pada Entrepreneurial University. Mulai hari ini akan segera di data mahasiswa yang tertarik pada wirausaha untuk masuk pada forum Persatuan Wirausaha UNIDA (Perwira). Perwira ini menjadi fasilitas yang disediakam UNIDA Bogor untuk meningkatkan kewirausahaan mahasiswa UNIDA Bogor.

"Kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun UNIDA Bogor yang berprestasi dan menjadi bagian langkah UNIDA Bogor di tahun 2026 yaitu menjadi universitas unggul. Tidak lupa juga kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini,” tutur Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H.

Kepala BKA UNIDA Bogor, Rendi Ramdhani, S.Pd., M.Pd dalam paparan sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan kewirausahaan mahasiswa di UNIDA Bogor. Dalam pelaksanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (PPMW) di UNIDA Bogor telah lolos 6 proposal PPMW sehingga ini menjadi kabar baik sekaligus menjadi tanggung jawab untuk meningkatkan dan mempertahankan pelaksanaan PPMW di tahun 2022 oleh karena itu seminar kewirausahaan ini dilaksanakan. Diharapkan juga akan segera terbentuknya komunitas kewirausahaan mahasiswa di UNIDA Bogor dan jika nanti mahasiswa menghasilkan produk akan masukan di gallery inovasi sehingga ini menjadi langkah menuju tujuan UNIDA Bogor yaitu Entrepreneurial University.

Pada kesempatan yang sama, Dosen FAPERTA UNIDA Bogor, Ir. Nur Rochman, MP selaku narasumber dalam materinya menyampaikan bahwasanya seorang Entrepreneur adalah seorang individu yang mengambil resiko terkait dengan penciptaan, pengorganisasian dan kepemilikan sebuah bisnis. Adapun yang harus dilakukan untuk menjadi seorang Entrepreneur yaitu harus membangun mindset karena pikiran mempengaruhi tindakan yang dimana berpikir positif maka akan menghasilkan hasil yang positif juga. Personal karakter Entrepreneur sukses diantaranya yaitu harus persistent atau gigih, kreatif, bertanggung jawab, rasa ingin tahu, berorientasi hasil, independen, percaya diri dan berani mengambil resiko.

“Mahasiswa baiknya mengembangkan bidang kewirausahaan yang dimana ada program yang mendukung kewirausahaan mahasiswa yaitu PPMW yang merupakan program dari Kemendikbudristek. Program tersebut mewajibkan mahasiswa yang ikut serta lolos dari seleksi dan ada beberapa cara agar proposal mahasiswa lolos dari program tersebut, cara pertama yaitu ide harus inovatif, kreatif dan update sesuai kondisi. Cara kedua yaitu penulisan harus sesuai dengan pedoman baku, ketiga yaitu tim harus berkolaborasi sesuai kebutuhan dalam isi dan program kerja. Cara keempat yaitu melibatkan dosen pembinmbing sangat penting untuk memperkuat isi dan konten. Kelima yaitu mampu mengungkapkan keunggulan produk atau jasa, keenam yaitu mampu mengungkapkan perubahan yang akan dicapai serta cara ketujuh yaitu struktur program kerja harus runtut dan teratur,” ungkap Ir. Nur Rochman, MP.

Lalu Dosen Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA Bogor, Tiana Fitrilia, S.Pd., M.Si dalam paparan materinya menyatakan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan yang pertama harus berani terlebih dahulu terutama berani mengambil resiko. Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat sehingga tidak bisa dihindari maka dari itu selaku mahasiswa harus melek akan kemajuan teknologi dan dunia digital ini saat ini benar-benar sudah sangat menjamur. Digitalisasi sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan seperti pada pendidikan, sosial dan termasuk juga pada dunia usaha. Digitalisasi dalam dunia usaha itu sangat penting sekali karena rata-rata penggunaan internet khususnya di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Dalam dunia usaha maka digitalisasi sangat mempengaruhi penjualan karena areanya mencakup area yang sangat luas, secara media berbeda sehingga lebih fleksibel serta omset yang dihasilkan lebih meningkat.

Digital marketing diartikan sebagai penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran serta upaya pengembangan atau penyesuaian konsep pemasaran itu sendiri, dapat berkomunikasi dalam cakupan global dan mengubah cara perusahaan melakukan bisnis dengan pelanggan. Adapun  tujuan digitalisasi marketing yaitu untuk meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan database serta meningkatkan kepuasan pelanggan,” pungkas Tiana Fitrilia, S.Pd., M.Si.