Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor gelar FIPHAL Festival tahun 2019 yang dibuka dengan Seminar Nasional yang bertajuk "Membangun Generasi Muda yang Inovatif, kompetitif dan Aplikatif Halal untuk Human Resources in Enterpreneurship" pada tanggal 6 Januari sampai dengan 9 Januari 2020 di Gedung C UNIDA. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FIPHAL, Ir. Amar Maruf, M.Si. beserta jajaran dan diisi oleh Muhammad Yaso Ichsanto selaku perwakilan dari McDonald's, Hasan Haikal Thalib, S.S. selaku ketua UMKM Kabupaten Bogor dan Yusdiarti Febriani, S.TP. selaku perwakilan dari LPPOM MUI.

Acara tersebut diharapkan menjadi sarana untuk para mahasiswa agar berperan aktif dalam dunia usaha. Seperti yang disampaikan oleh Ir. Amar Maruf, M.Si. dalam sambutannya.

"Selamat mengikuti FIPHAL Festival yang dibuka pada hari ini dengan Seminar Nasional yang sangat menarik ini dan sampai tanggal 9 nanti pada hari kamis. Tentunya dengan acara ini diharapkan mahasiswa khususnya mahasiswa FIPHAL dapat menjadikan acara ini sebagai sarana untuk berperan aktif dalam dunia usaha saat ini. Dan semoga acara ini lancar sampai selesai nanti," tutur Ir. Amar Maruf, M.Si.

Berwirausaha membutuhkan keterampilan dan kemampuan sehingga produk tersebut dapat bersaing di masyarakat dan segala sesuatunya harus diperhatikan oleh enterpreneur. Seperti yang disampaikan oleh Ketua UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalin, S.S. dalam penyampaian materinya.

"Menjadi wirausaha berarti harus memiliki keterampilan dan kemampuan untuk berwirausaha sehingga nantinya bisa bersaing di masyarakat dan di pasar. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan pokoknya apa tersedia di lingkungan kita dan packaging yang menarik karena pertama kali yang dilihat adalah bungkusnya dan sangat berperan penting dalam produk usaha kita karena dalam dunia usaha harus diperhatikan segala sesuatunya dan tidak boleh asal-asalan," tutur Hasan Haikal Thalib, S.S.

Ketua Pelaksana FIPHAL Festival, Riska Febrianti dalam sesi wawancara menyatakan FIPHAL Festival ini diadakan dengan tujuan meningkatkan jiwa solidaritas,sportifitas, dan prestatif generasi muda, menggebrak kesadaran akan pentingnya halal, Membuka mata dengan perkembangan yang ada dengan sahnya UU JPH, menuju revolusi Industri 4.0, menumbuhkan jiwa entrepreneur sebagai persiapan generasi mandiri dikemudian hari serta diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang kreatif, inovatif dan mandiri.

"FIPHAL Festival ini diharapan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang kreatif, inovatif dan mandiri serta cara pikirnya berubah yang tadinya konsumtif menjadi produktif, kreatif dan inovatif," pungkas Riska Febrianti.

Setelah Seminar Nasional acara ini dilanjutkan dengan turnamen futsal dan bulu tangkis serta ditutup oleh Bazar UMKM di tanggal 9 Januari 2020 mendatang. _FAI_