Universitas Djuanda (UNIDA) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kanpaten Bogor selenggarakan Penjajakan Kerjasama yang diadakan di Aula Gedung A UNIDA Bogor pada tanggal 4 November 2002. Penjajakan ini dilaksanakan secara daring dengan menerapkan protokol kesehatan dan  diikuti oleh Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) UNIDA Bogor, Dr. Yudi Wahyudin, M.Si, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA Bogor, G. Goris Seran, Drs., M.Si, Kepala Biro Humas dan Protokoler (BHP) UNIDA Bogor, Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P serta Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah beserta jajaran dan penjajakan ini membahas kerjasama antara UNIDA Bogor dan Bawaslu Kabupaten Bogor dan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan dalam kerjasama tersebut.

Direktur Ditmawa UNIDA Bogor, Dr. Yudi Wahyudin, Drs., M.Si. dalam pemaparan sambutannya menyatakan penjajakan ini akan membahas mengenai kerjasama antara UNIDA Bogor dan Bawaslu Kabupaten Bogor dan diharapkan kerjasama ini akan terjalin dengan baik dan UNIDA Bogor dapat berpartisipasi dalam kegiatan Bawaslu kabupaten bogor.

“Kerjasama ini sangat sesuai dengan Panca Darma UNIDA Bogor yaitu Pendidikan, Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Profesional dan Bertauhid. Kerjasama ini secara teknikal sangat diterima oleh UNIDA Bogor dan kegiatan-kegiatan kedepannya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan penjajakan kali ini juga akan membahas program kedepannya,” tutur Dr. G. Goris Seran, Drs., M.Si..

Wakil Dekan III FISIP UNIDA Bogor, G. Goris Seran, Drs., M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa penjajakan ini merupakan lanjutan kerjasama-kerjasama yang telah dilakukan antara UNIDA Bogor dan Bawaslu Kabupaten Bogor. Kerjasama seperti ini bagus untuk pengembangan mahasiswa khususnya di bidang pemilu dan bagaimana pengawasannya.

“Kerjasama ini disambut baik oleh UNIDA Bogor dan diharapkan bermanfaat untuk kepentingan bangsa terutama di daerah Kabupaten Bogor. Arahnya mahasiswa bisa ikut serta dalam proses pemilu khususnya di Kabupaten Bogor serta mahasiswa juga diharapkan dapat memahami ilmu politik dan kepemiluan dari sisi Bawaslu,” ungkap G. Goris Seran, Drs., M.Si..

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah dalam sesi diskusi menyampaikan terima kasih kepada UNIDA Bogor yang telah menerima maksud Bawaslu Kabupaten Bogor yaitu tentang pelaksanaan kerjasama dan di dalamnya ada sosialisasi bagi mahasiswa dan sosialisasi ini merupakan kegiatan Bawaslu Jawa Barat yang akan diadakan di UNIDA Bogor karena penyampaian peran-peran masyarakat dalam pengawasan pemilu itu tugas masyarakat dan melalui mahasiswa nantinya diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kembali perihal sosialisasi tersebut pada masyarakat luas.

“Kedepannya kita akan membahas bagaimana pelaksanaan dan waktu digelarnya program-program kerjasama. Kegiatan ini juga bermaksud untuk memperkuat kerjasama antara UNIDA Bogor dan Bawaslu Kabupaten Bogor agar disetiap pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan kerjasama yang disepakati,” tutur Irvan Firmansyah.

Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanuddin dalam sesi diskusi menyatakan bahwa masyarakat perlu dan berhak untuk ikut serta dalam mengawasi jalannya pemilu agar proses pemilu dari awal sampai akhir agar memastikan berjjalan sesuai dengan aturan dan tidak hanya datang ke TPS saja bahkan masyarakat bisa ikut serta sampai Pemilu menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Bawaslu tidak hanya mengawasi pelaksanaan pemilu tetapi ada agenda lain yaitu seperti Sekolah Kader Pengawasan, Pojok Pengawasan, Pendidikan Sosialisasi Pengawasan di Lingkungan Akademik, Program Kampung Pengawasan dan program-program tersebut adalah upaya untuk meningkatkan pemahaman pengawasan pemilu masyarakat dan kampus menjadi media yang efektif dalam sosialisasi pengawasan pemilu yang dimana nantinya diharapkan mahasiswa kedepannya akan menyebarluaslan kembali informasi yang didapat dari sosialisasi tersebut,” ungkap Burhanuddin.