Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dan Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor selenggarakan penandatangan MoU (13/03). Acara tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat UIKA Bogor dan dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. beserta jajaran, Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. beserta jajaran dan Rektor UIKA Bogor, Dr. Endin Mujahidin, M.Si. beserta jajaran. Ruang lingkup kerjasama UNIDA Bogor dan UIKA Bogor meliputi bidang Pendidikan, Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dan program lainnya sesuai kesepakatan.

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH. dalam sambutannya memaparkan bahwa harapannya kerjasama ini merupakan kerjasama saudara, UNIDA Bogor boleh menjadi rumah kedua dari UIKA dan begitu pun sebaliknya, UIKA menjadi rumah kedua dari UNIDA Bogor.

“Dulu Rektor UIKA adalah WR I di UNIDA Bogor dan tentu Rektor UIKA Bogor memiliki jasa yang penting dalam pembelajaran dan riset di UNIDA Bogor. Dan diharapkan kedepannya UNIDA Bogor dan UIKA bisa bekerjasama dalam bidang riset dan jurnal sehingga bisa saling mendukung atau saling support dalam peningkatan tulisan dan publikasi dan dalam aspek yang lebih meluas lagi,” ungkap Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH.

Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. dalam sambutannya memaparkan bahwa dengan kerjasama di bidang MBKM ini diharapkan dapat memperpanjang, memperkuat dan memperluas kerjasama antara UNIDA Bogor dan UIKA Bogor dan maju bersama tanpa adanya persaingan dan terus membangun kolaborasi yang kuat antara UNIDA Bogor dan UIKA Bogor sehingga maju bersama-sama.

“Dan kerjasama ini dapat dikembangkan ke bidang lainnya terutama dalam bidang publikasi terasa masih kurang kerjasama antara UNIDA Bogor dan UIKA serta dengan kerjasama dalam publikasi diharapkan semakin menguatkan publikasi UNIDA Bogor dan UIKA karena dengan tulisan dan publikasi kita dapat memberikan banyak manfaat kepada dunia,” tutur Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si.

Rektor UIKA, Dr. Endin Mujahidin, M.Si. dalam pemaparan sambutannya menyatakan UNIDA Bogor dan UIKA sama-sama ingin mengembangkan perguruan tinggi berbasis islam. Kerjasama sangat diperlukan untuk kemajuan bersama dan tentu kerjasama seperti ini sudah lama direncanakan.

“Terima kasih atas kunjungan kerjasamanya dan diharapkan kedepannya kerjasama mengembang ke bidang lain selain implementasi Kampus Merdeka seperti dalam bidang penelitian dan publikasi. Kita sama-sama ingin mengembangkan perguruan tinggi berbasis islam dan UNIDA Bogor dan UIKA adalah cermin dari islam jika baik maka akan tercermin islam selalu baik dan jika tidak baik maka akan tercermin tidak baik juga. Banyak yang bisa dilakukan dalam kurun waktu ke depan jika sudah terjalin kerjasama dan karena COVID-19 ini menghalangi kerjasama yang sudah lama direncanakan ini dan alhamdulillah sekarang sudah bisa bertemu dan menjalin kerjasama antara UNIDA Bogor dan UIKA,” ungkap Dr. Endin Mujahidin, M.Si.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Inovasi dan Pengembangan, Dr. Budi Susetyo, Ir., M.Sc. dalam pemaparan sambutannya menyatakan bahwa ada persamaan antara UNIDA Bogor dan UIKA sehingga mudah dikerjasamakan dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Di MBKM ini dalam implementasinya akan dilakukan konversi dalam pengambilan mata kuliahnya. Dan dalam mata kuliah apa saja yang bisa di MBKM-kan sudah dirapatkan sebelumnya tentunya seperti MBKM dalam prodi Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Syariah. Tentunya dalam pelaksanaannya perlu ditinjau dan perlu dirapatkan lagi kedepannya sehingga kerjasama ini menjadi manfaat untuk kedua belah pihak yaitu UNIDA Bogor dan UIKA,” tutur Dr. Budi Susetyo, Ir., M.Sc.