Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Penjajakan Kerjasama dan Kunjungan Universitas Tadulaku di Ruang Senat UNIDA Bogor pada tanggal 26 November 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP, Direktur Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (Dikjar) UNIDA Bogor, Dr. La Ode Amril, M.Pd beserta jajaran dan dari pihak Universitas Tadulako diwakili oleh Dosen Fakultas Pertanian Tadulako, Dr. Ir. Anthon Monde, MP, Dosen Fapetkan Universitas Tadulako, Andi Pertiwi Damayanti, S.Pt., M.Si, Staf Registrasi dan Akademik BAKP Universitas Tadulako, Febrianto serta diikuti juga oleh mahasiswa PMM dari Universitas Tadulako. Kegiatan ini juga selain kunjungan pelaksanaan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga membahas mengenai kerjasama yang nantinya akan dijalin oleh UNIDA Bogor dan Universitas Tadulako.

Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handari, MP. dalam paparannya menyatakan bahwa kerjasama antara UNIDA Bogor dan Universitas Tadulako tentu sudah ada di Kemendikbudristek akan tetapi ruang lingkupnya hanya PMM saja dan kali ini bahasan mengenai kerjasama MoU ini ruang lingkupnya lebih luas sehingga dapat bekerjasama dalam berbagai bidang dan MoU dilaksanakan di level universitas serta MoA di level fakultas. Kerjasama yang dapat dilaksanakan seperti kerjasama dalam penelitian, publikasi dan sebagainya.

Direktur Dikjar UNIDA Bogor, Dr. La Ode Amril, M.Pd. dalam sambutannya menyatakan bahwa dalam pelaksanaan PMM ini kami laksanakan sebaik mungkin seperti penempatan tempat tinggal untuk mahasiswa PMM dan lainnya agar mahasiswa dapat tertib dan manfaat dari PMM ini dapat diperoleh oleh mahasiswa.

?Banyak kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan seperti Jambore tingkat nasioanal dan pentas seni kebudayaan yang akan dilaksanakan nanti. Diharapkan bukan hanya pelaksanaan PMM ini akan tetapi dengan kerjasama ini akan membuka kerjasama dalam segala bidang antara UNIDA Bogor dan Universitas Tadulako,? ungkap Dr. La Ode Amril, M.Pd.

Selanjutnya Dosen Fakultas Pertanian Tadulako, Dr. Ir. Anthon Monde, MP menambahkan bahwa kerjasama ini memang benar dan baik untuk dilaksanakan karena baik Universitas Tudulako dan UNIDA Bogor bisa dapat memanfaatkan kerjasama tersebut. Kerjasama ini akan dibahas lebih lanjut dan detail serta mungkin nanti penandatanganan kerjasama akan dilaksanakan secara daring.

Perwakilan mahasiswa PMM dari Universitas Tadulako, Fadel Miraj Ansar menambahkan bahwa mahasiswa PMM sudah 1 bulan lebih di UNIDA Bogor dan betah selama di Bogor karena cuacanya lebih dingin dan tidak terlalu panas seperti di Palu

?Kami tentu kaget hujan disini hamper setiap hari dan menjadi tantangan bagi kami. Dan untuk tempat tinggal kami nyaman, perkuliahan di sini kami ikuti secara daring dan luring serta mahasiswa di UNIDA Bogor alhamdulillah baik. Tentu kami ucapkan terima kasih kepada UNIDA Bogor telah banyak memberikan kemudahan dalam pelaksanaan PMM ini,? tutur Fadel Miraj Ansar.