Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Kuliah Perdana bagi Mahasiswa Baru Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer Tahun Akademik 2021/2022 yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting dan live streaming YouTube pada kanal UNIDA TV, Senin (18/10/2021).

Kegiatan kuliah perdana ini mengangkat tema “Pengenalan 21 Nilai Karakter Tauhid dan Profil Sukses Alumni Pendidikan Kader Dakwah (PKD)” dengan mengundang Dr. Irman Suherman, M.Pd yang merupakan salah satu alumni PKD.

Turut hadir memberikan sambutan, Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si menuturkan, kuliah perdana Prodi Ilmu Komputer ini adalah hal yang sangat dinantikan. Hal ini mengawali kegiatan perkuliahan Prodi Ilmu Komputer yang merupakan Prodi baru di UNIDA Bogor. Di kuliah perdana ini, akan dibekali hal yang sangat penting, ialah mengenai pendidikan karakter yang akan dipaparkan oleh Dr. Irman Suherman, M.Pd atau yang lebih akrab disapa Kang Doktor.

“Alhamdulillah puji syukur kita pada hari ini bisa memulai kegiatan kuliah perdana program studi Ilmu Komputer. Ini Prodi baru yang kita sangat nanti-nantikan yang diharapkan menjadi unggulan terutama dalam mengarungi era revolusi industri 4.0, karena dalam hal ini kita harus menguasai literasi komputasi, literasi digital, maupun literasi komunikasi yang sangat erat dengan ilmu komputer, maka dengan dibuka dan dizinkannya prodi ini memperkaya prodi yang ada di UNIDA Bogor,” tuturnya.

“Terkait dengan tema, bagaimana implementasi 21 nilai karakter tauhid supaya kita tidak kebablasan, karena sekarang banyak dari kita terlalu menggeluti duniawi sehingga lupa kehidupan akhirat. 21 nilai karakter tauhid ini menjadi bekal, sesuai dengan tagline kita, ialah menggenggam dunia meraih akhirat. Mudah-mudahan kuliah perdana ini dapat memotivasi kita, untuk bisa belajar lebih giat dan tekun, tentunya belajar untuk mencapai cita-cita, tapi tetap tujuan serta niatnya ialah harus dalam rangka mencari rido Allah SWT, ini yang sangat penting,” tambahnya.

Sementara itu, Chancellor UNIDA Bogor Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH menyampaikan selamat datang bagi para mahasiswa baru Prodi Ilmu Komputer. Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH berharap para mahasiswa dapat mengikuti setiap kegiatan perkuliahan dengan baik serta dapat menerapkan 21 nilai karakter tauhid yang menjadi pondasi dasar insan UNIDA Bogor.

“Saya ucapkan selamat datang, selamat bergabung di UNIDA Bogor, Kampus Bertauhid. Anda masuk tempat yang tepat, maknanya anda masuk di satu kampus yang didalamnya bukan sekedar mengutamakan kecerdasan intelektual, tetapi juga bagaimana mengasah sarjana yang tangguh melalui implementasi 21 nilai karakter tauhid. Oleh karena itu saya titipkan, lebih disiplin, tekun, terampil, bisa mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga menjadi profesional dengan menerapkan 21 nilai karakter tauhid yang ultimate goals-nya ialah menjadi insan yang bertaqwa. Selamat bergabung, selamat belajar, sukses selalu,” ujarnya.

Pada sesi pemaparan materi, Dr. Irman Suherman, M.Pd mengemukakan terkait dengan bagaimana menjadi mahasiswa berkarakter yang lebih jauh didalamnya memaparkan mengenai 21 nilai karakter tauhid. Dr. Irman Suherman, M.Pd mengatakan, para mahasiswa baru hari ini yang mengikuti kuliah perdana harus dapat terlebih dahulu merubah mindset, pandangan, maupun paradigma tentang belajar. Mahasiswa berbeda dengan siswa di sekolah, dalam hal ini mahasiswa memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih sebagai calon pemimpin bangsa.

“Banyak orang menggantungkan harapan kepada para mahasiswa agar bisa memberikan dampak positif. Oleh karena itu, maka segala apa yang melekat pada diri kita sebagai mahasiswa harus mulai berubah, mahasiswa harus bisa belajar secara mandiri, harus bisa menyesuaikan,” ungkapnya.

Dr. Irman Suherman, M.Pd menyebutkan, tujuan pendidikan sangat mulia, tinggal bagaimana dapat menerjemahkan dan menerapkan itu ke dalam setiap sendi kehidupan. Pendidikan, baik itu pendidikan dasar, pendidikan menengah ataupun pendidikan tinggi, itu pada dasarnya terdapat 3 hal yang ingin dikembangkan, diantaranya pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian yang baik. Maka dari dasar itu, UNIDA Bogor berusaha menerjemahkan tujuan tersebut secara khusus melalui visi dan misi yang dibangun.

“Kenapa penting mahasiswa mengenal dan mengimplementasikan 21 nilai karakter tauhid, hal ini berlandaskan pada UU no. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 2 yang kemudian dirincikan kembali pada pasal 3. Ini adalah tujuan utama, seperti apa yang disampaikan oleh Pak Rektor di awal, kita ingin menggenggam dunia, meraih akhirat. Oleh karena itu, dunia harus kita genggam, kita harus kuasai, harus maju, tapi kita juga coba menggapai akhirat. 21 nilai karakter tauhid ini menjadi bahan bakar yang berlaku untuk seluruh insan UNIDA Bogor, bukan hanya bagi mahasiswa, namun juga bagi para pimpinan, para dosen, tenaga kependidikan maupun karyawan,” paparnya.

Pada kesempatan ini juga disampaikan mengenai pengenalan kampus yang dipaparkan oleh Dr. Ir. H. Ristika Handarini, MP selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik serta Ir. Himmatul Miftah, M.Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, Kerja sama dan Sentra KI UNIDA Bogor.