Univeritas Djuanda Bogor adakan Seminar Nasional 2019 bertemakan “Inovasi Teknologi Pertanian di Era Industri 4.0 Dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Nasional” yang diselenggarakan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda Bogor dengan Universitas Suryakencana Cianjur (9/4). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung C Universitas Djuanda Bogor menghadirkan beberapa narasumber diantaranya ialah Dr. Yudi Sastro, SP., MP. selaku Kepala Puslitbang Hortikultura, Dr. Ayub Darmanto selaku Direktur  PT. Primalid Andalan Utama dan Jordi Duryatma, S.Sos., M.Si. selaku Redaktur Pelaksanaan Majalah Trubus.

Kegiatan ini bertujuan  agar para civitas pertanian di Indonesia mampu berkontribusi besar dalam kemajuan tekhnologi pertanian dalam era revolusi 4.0 seperti yang disampaikan Muarif, M.Si. selaku Ketua Pelaksana.

“Kegiatan ini bertujuan agar para civitas pertanian mampu berperan aktif memberikan kontribusi terbaik untuk memajukan perkembangan teknologi di bidang pertanian dalam era revolusi 4.0 yang saat ini sedang berlangsung” tuturnya.

Dalam revolusi industri 4.0 bidang pertanian di Indonesia sudah sangat signifikan, banyak produk-produk pertanian yang dihasilkan dari revolusi industri 4.0 dan sudah banyak diterapkan dalam pertanian di Indonesia. Oleh karena itu kegiatan ini diselenggarakan guna terus mengembangkan produk pertanian era 4.0 serta pertanian Indonesia bisa terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, seperti yang disampaikan pemateri pertama Dr. Ir. Hardiyanto, M.Si.

“Produk-produk pertanian dalam era 4.0 ini sangat banyak sekali tentunya dengan tujuan efisiensi pengolahan lahan pertanian. Bisa kita sebut seperti autonomous tractor  yang bisa dioperasikan tanpa awak atau dengan menggunakan remote, dengan adanya teknologi seperti ini menandakan bahwa dunia pertanian pertanian, khususnya di Indonesia mengikuti perkembangan zaman” tuturnya.