Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dipercaya menjadi tuan rumah dalam kegiatan Koordinasi dan Diskusi Rencana & Strategi untuk Pelaksanaan Program Pembelajaran Khusus Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dan daring yang berlangsung selama dua hari, terhitung mulai dari tanggal 1 - 2 Februari 2021.

Situasi pandemi Covid-19 saat ini menjadikan peningkatan kapasitas civitas akademika dalam kemampuan menciptakan materi atau konten pembelajaran daring secara berkelanjutan sebagai fokus utama. Tak hanya itu, kemampuan menerima pemahaman materi pembelajaran daring juga sangat penting untuk diperhatikan dengan tujuan capaian pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

Hadir mewakili Rektor UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, M.P menyampaikan bahwa karena pandemi COVID-19 tersebut yang masih mewabah hingga saat ini menyebabkan banyaknya kegiatan yang harus dibatasi, tidak terkecuali pembatasan kegiatan-kegiatan di lingkungan kampus. Namun hal tersebut tidak dijadikan alasan untuk tidak produktif.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Ristika Handarini, M.P juga menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud, khususnya Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang mempercayai UNIDA Bogor sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan koordinasi serta diskusi rencana dan strategi yang dilaksanakan selama dua hari ini, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya mewakili Pak Rektor menyampaikan terima kasih karena UNIDA Bogor dipercaya menjadi tempat untuk kegiatan ini, mudah-mudahan kerja sama ini akan terjalin terus ke depan. Selamat berkegiatan, semoga dilancarkan dan dimudahkan segala apa yang direncanakan,” tutur Wakil Rektor I UNIDA Bogor tersebut dalam sambutannya.

Agenda pada hari pertama, sesi diskusi dimulai dengan paparan Pembelajaran Khusus dalam Kampus Merdeka, dilanjutkan dengan Pemaparan Materi atau Konten Pembelajaran Daring, Pemaparan Analisis Keuntungan serta Kelemahan dari Pembelajaran Khusus, Pemaparan Best Practice Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Pembahasan Rencana Strategis untuk Pelaksanaan Program Pembelajaran Khusus 2021, lalu ditutup dengan Closing dan Resume hasil Pembahasan di Hari Pertama.

Kemudian agenda pada hari kedua, sesi diskusi terkait dengan Penerapan Pembelajaran Daring bagi Seluruh Mahasiswa terutama Mahasiswa Berkebutuhan Khusus, Tindaklanjut Pembahasan Rencana Strategis untuk Pelaksanaan Program Pembelajaran Khusus tahun 2021 serta Resume Rencana Strategis Pembelajaran Khusus secara keseluruhan.