Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor adakan Penglepasan Mahasiswa Praktik Kerja Lapang (PKL) ke Jepang Tahun 2020 yang diadakan di Aula Gedung A UNIDA Bogor (5/3). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Ir. H. Miftah, M.Si., Dekan Fakultas Pertanian (FAPERTA), Dr. Ir. Deden Sudrajat, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA Bogor, Ir. Amar Maruf, M.Si., Direktur Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri (DKHLN) UNIDA Bogor, Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya, SH., LL.M. Beserta jajaran, Perwakilan PT. Kibo, Evy Novianty dan Perwakilan dari Seameo Biotrop, Dewi Suryani Oktavia, SP., MM. beserta jajaran.

PKL pada tahun 2020 ini akan memberangkatkan 16 orang mahasiswa FAPERTA dan FIPHAL ke Jepang. Pada tanggal 5 Maret 2020 akan berangkat 1 orang yaitu Indira dari FAPERTA  ke Chuoh Engei., Ltd. di Hokkaido Jepang, Indira akan PKL disana dari Maret sampai dengan Oktober 2020.

Kegiatan PKL ke Jepang ini  merupakan implementasi dari visi UNIDA yaitu menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia dan dengan PKL ke Jepang ini akan mempercepat pencapaian visi UNIDA Bogor. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si. dalam sambutannya.

“Sesuai dengan visi yaitu menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia, dengan ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian visi UNIDA Bogor yaitu diakui oleh dunia. Selain praktek pertanian nantinya masuk juga ke bisnis pertaniannya di Jepang dan mahasiswa harus dapat memanfaatkan dan belajar dari kesempatan ini. Diharapkan juga nantinya program ini bisa dikembangkan ke ilmu-ilmu lainnya atau fakultas lainnya yang ada di UNIDA Bogor. Semoga mahasiswa yang berangkat berjalan dengan lancar dan dapat beribadah dengan mudah disana nantinya,”tutur Ir. Himmatul Miftah, M.Si.

Diharapkan mahasiswa yang PKL ke Jepang dapat menunjukan kemampuan yang bagus sehingga semua pihak merasa diuntungkan oleh program ini dan dapat mencerminkan dari program kerjasama ini. Seperti yang diungkapkan oleh Direktur DKHLN UNIDA Bogor dalam sambutannya.

“Semoga nantinya mahasiswa UNIDA Bogor yang berangkat ke Jepang dapat menunjukan kemampuan yang terbaik sehingga semua pihak dari program ini merasa diuntungkan. Semua mahasiswa UNIDA yang berangkat akan menyandang tugas yang tidak ringan, karena mewakili tiga institusi sekaligus diantaranya UNIDA Bogor, Seameo Biotrop dan PT Kibo serta harus mencerminkan dari sebagai program kerjasama ini dan terutama mencerminkan unida,” ungkap Dr. Jaka Santos Adiwijaya, SH., LL.M.

Sebelum diberangkatkan ke Jepang para mahasiswa yang terpilih ini telah melaui pelatihan dan pendidikan terlebih dahulu. Seperti yang diutarakan oleh Perwakilan Seameo Biotrop, Dewi Suryani Oktavia, SP., MM. dalam sambutannya.

“tentunya para mahasiswa yang akan berangkat telah diberikan terlebih dahulu Pelatihan dan pendidikan yang lumayan panjang. Semoga pelatihan yang telah dilalui memberi banyak manfaat. Dan mudah-mudahan ini program ini membawa nama baik negara dan semua institusi yang terkait,” tutur Dewi Suryani Oktavia, SP., MM.

Perwakil dari PT. Kibo, Evy Novianty menyatakan program ini merupkan program pertama untuk PT. Kibo dan PT. Kibo akan memberikan yang terbaik bagi program kerjasama ini.

“Semoga lancar untuk semuanya. Karena ini program pertama maka kami akan memberikan yang terbaik untuk program PKL ini dan agar seluruh mahasiswa UNIDA yang terpilih dapat berangkat ke Jepang dengan lancar. Yang pertama lokasinya di Hokkaido. Semoga mahasiswa yang berangkat bisa menjaga diri dengan baik dan dapat mengembangkan pengetahuan dan pengalamannya dengan baik,” pungkas Evi Novianty. _FAI_