Dalam upaya pengimplementasian pancadarma serta percepatan pencapaian visi menjadi universitas riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia, Universitas Djuanda Bogor menjalin kerja sama dengan Royal University of Phnom Penh (RUPP) dan Cambodian Muslim Intellectual Union (CMIU). Kerja sama tersebut merupakan rangkaian agenda delegasi UNIDA Bogor dalam kunjungan ke Kamboja pada 27 – 31 Januari 2020.

Delegasi UNIDA Bogor dipimpin langsung oleh Rektor, Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, bersama Dr. Hj. Elis Dihansih, M.Si (Wakil Rektor I), Ir. H. Himmatul Miftah (Wakil Rektor III), Dr. Rita Rahmawati, M.Si (Direktur Sekolah Pascasarjana), Radif Khotamir Rusli, S.Ag., M.Ed. (Direktur Direktorat Inkubator Bisnis dan  Pengembangan Usaha) serta Nurul Annisa Yuniarti, S.Pd., M.Pd. (Kepala Bidang Kerja sama).

Rektor UNIDA Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si mengatakan, kerja sama yang dijalin yaitu diantaranya dalam penguatan bidang pendidikan. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si berharap, kerja sama yang dilakukan melalui penandatanganan MoU tersebut dapat memberikan dampak positif tak hanya bagi kedua belah pihak, namun bagi kedua belah negara khususnya dalam peningkatan mutu sumber daya manusia melalui pengembangan mutu pendidikan.

“Kita berharap kerja sama yang dilakukan ini bisa memberikan pengaruh yang positif, hal ini sejalan dengan semangat UNIDA dalam memberikan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas mutu SDM melalui pendidikan," tuturnya.

Lebih lanjut Dr. Ir. Dede Kardaya mengatakan, melalui kerja sama ini UNIDA Bogor memberikan beasiswa penuh bagi calon mahasiswa dari Kamboja yang ingin melanjutkan pendidikan di UNIDA Bogor. 

“Kami membuka kesempatan bagi siswa-siswi di sini yang ingin melanjutkan pendidikan di tingkat universitas dengan memberikan beasiswa penuh berkuliah di UNIDA Bogor,” ungkapnya.

H.E.Oknha Datuk Dr. Othsman Hassan selaku senior minister Pemimpin Muslim Kerajaan Kamboja menyambut baik adanya kerja sama yang dijalin tersebut. H.E.Oknha Datuk Dr. Othsman Hassan menyampaikan, atas nama Pemerintah Kerajaan dan Presiden Asosiasi CMIU mengucapkan terima kasih kepada UNIDA Bogor yang telah memberikan beasiswa kepada siswa Kamboja.

“Ini merupakan hal yang sangat bagus dan penting, kerja sama ini menjadi kunci dalam proses peningkatan kualitas SDM bagi generasi muda khususnya komunitas muslim di Kamboja dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi di negara sahabat,” ujarnya.

Adapun beberapa tempat yang dikunjungi oleh delegasi UNIDA Bogor selain Royal University of Phnom Penh (RUPP) dan Cambodian Muslim Intellectual Union (CMIU), diantaranya yaitu Dewan Tertinggi Islam Departemen Agama Kamboja, Kementerian Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kerajaan Kamboja, serta Kamboja Islamic Center. (amr)