Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melalui Biro Pendidikan dan Pembelajaran (Dikjar) selenggarakan Penyambutan Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Angkatan 2 UNIDA Bogor Tahun 2022 secara hybrid yaitu secara daring menggunakan Zoom Cloud Meetings dan secara luring di Aula Gedung E-F UNIDA Bogor pada Rabu, 21 September 2022. Kegiatan dan dihadiri oleh Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI), Dr. H. Bambang Widjojanto, S.H., M.Sc dan Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, S.H., M.H beserta jajaran.

Chancellor UNIDA Bogor, Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat datang di UNIDA Bogor Kampus Bertauhid dan diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa PMM 2 dapat mengenal UNIDA Bogor lebih dekat serta diharapkan mahasiswa yang inbound ke UNIDA Bogor merasa betah di Kampus Bertauhid.

“Dalam program PMM 2 tahun 2022 ini, mahasiswa UNIDA Bogor yang outbound ada 59 mahasiswa yang tersebar ke banyak universitas di Indonesia khususnya luar pulau Jawa. UNIDA Bogor juga dalam program MBKM masuk dalam kelas A dan peringkat ke-13 terbaik di Indonesia. Diharapkan mahasiswa PMM dapat mengikuti pembelajaran di UNIDA Bogor dengan baik dan jika ada kendala-kendala dapat berkonsultasi,” tutur Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.

Selanjutnya Rektor UNIDA Bogor, Prof. Dr. Suhaidi, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih telah memilih UNIDA Bogor untuk belajar satu semester dan mahasiswa dapat yakin bahwasanya memilih UNIDA Bogor adalah pilihan yang tepat dan merupakan universitas swasta terkemuka di Indonesia, dalam proses satu semester ini dipercaya mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat sesuai prodi yang dipilih. Perlu diketahui UNIDA Bogor merupakan perguruan tinggi swasta apabila dilihat dari visi dan misinya memiliki ciri khas tersendiri sehingga lulusan di UNIDA Bogor ini diharapkan selain mendapatkan keberhasilan dan kebahagiaan di dunia baik secara nasional maupun internasional akan tetapi berhasil dan bahagia juga di akhirat serta diharapkan ini juga memberikan dampak dan manfaat kepada para mahasiswa PMM 2 ini.

“Di UNIDA Bogor tidak hanya berteori tentang Tridarma akan tetapi UNIDA Bogor memiliki Pancadarma yang mesti diimplementasikan. Ada pepatah yang saya ingin sampaikan yaitu dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung yang berarti diharapkan mahasiswa PMM yang datang ke UNIDA Bogor ini dapat melihat UNIDA Bogor yang memiliki ciri khas sehingga mahasiswa PMM dapat memahami dan mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan cara bersilaturahmi di UNIDA Bogor ini. PMM ini memiliki beberapa arti yang diantaranya mahasiswa dapat bersilaturahmi dengan mahasiswa dari Sabang sampai Merauke dan mahasiswa juga dapat mengenal Indonesia lebih dekat karena Indonesia sangat berbeda-beda setiap wilayahnya sehingga mahasiswa dapat saling mengetahui secara mendalam tentang perbedaan masing-masing daerah akan tetapi tetap menjunjung tinggi nilai berbeda-beda tetapi tetap satu. Mahasiswa PMM juga dapat melihat proses belajar mengajar yang berbeda dari universitas asal yang tentunya ada beberapa perbedaan dan ciri khasnya. Kami ucapakan selamat belajar dan kami harapkan mahasiswa dapat mengikuti ketentuan dalam program KKN ini serta mahasiswa dapat mencapai kualitas yang diharapkan untuk belajar di UNIDA Bogor yang sama-sama kita cintai ini,” tutur Prof. Dr. Suhaidi, S.H., M.H.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I UNIDA Bogor, Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H dalam laporannya menyampaikan bahwasanya kegiatan PMM 2 di tahun 2022 ini jumlah mahasiswa program PMM yang masuk ke UNIDA Bogor berjumlah 108 mahasiswa dari 40 perguruan tinggi di Indonesia di luar pulau Jawa.

“Perlu diinformasikan bahwa mahasiswa program PMM ini akan berada di UNIDA Bogor selaman satu semester penuh dan mengikuti perkuliahan serta kuliah modul nusantara,” pungkas Aal Lukmanul Hakim, S.H., M.H.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Program PMM 2 UNIDA Bogor Tahun 2022 dengan penyematan almamater UNIDA Bogor kepada perwakilan dari mahasiswa PMM 2.