Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran (DIKJAR) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor selenggarakan Grand Opening Krendensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) 2021 UNIDA Bogor yang diselenggarakan secara virtual dengan manggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings dan live streaming di Youtube Channel (6/8). Kegiatan ini diisi oleh Perwakilan dari Direktorat pembelajaran kemahasiswaan (Belmawa) kemendikbudristek, Yon Sugiarto, M.Sc, Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, Kepala Bidang Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi (DSIT), M.Si, Muhamad Encep, M.Kom dan dihadiri oleh Plt. Rektor UNIDA Bogor, Dr. Hj. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I. beserta jajaran, Direktur DIKJAR, Dr. La Ode Amril, M.Pd. beserta jajaran serta diikuti oleh peserta dari KMMI baik dari UNIDA Bogor dan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. KMMI 2021 UNIDA Bogor bekerjasama dengan PT

Wakil Rektor II UNIDA Bogor, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP. dalam pemaparan laporanya menyatakan bahwa tujuan dari KMMI yaitu  menawarkan alternatif pembelajaran yang dinamis dan kompetitif, KMMI juga dapat mendapatkan sertifikat untuk penukaran SKS dan memberikan solusi dalam kesenjangan antara perguruan tinggi dan dunia kerja. Tentu suatu kebanggan UNIDA Bogor dapat lolos dalam program KMMI ini sehingga UNIDA Bogor dapat merasakan manfaat KMMI tersebut. Minat mahasiswa baik dari perguruan tinggi swasta dan negeri banyak yang mendaftar dalam acara ini.

“Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat secara langsung dalam kegiatan ini. selamat bertugas dalam melaksanakan kegiatan dalam e-course, dan semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses sampai selesai nanti dan kepada 240 peserta selamat mengikuti pelaksanaan KMMI 2021 UNIDA Bogor,” ungkap Dr. Ir. Ristika Handarini, MP.

Plt. Rektor UNIDA Bogor, Dr. Hj. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I. dalam sambutannya menyatakan bahwa KMMI ini tentunya akan memajukan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di UNIDA Bogor. Tentunya KMMI ini juga dapat menyesuaikan antara lulusan pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Di dunia industri 4.0. perguruan tinggi ini harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan KMMI ini dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Secara mandiri UNIDA Bogor selelu meningkatkan kualitas lulusannya dengan program KMMI dari Kemendibudristek ini kepada mahasiswa mendapatkan kesiapan dalam menghadapi dunia pekerjaan yang susungguhnya.

“Diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan peluang dari KMMI untuk belajar untuk bekal nanti di dunia usaha. Mari ikuti kegiatan KMMI ini dengan baik dan serius sehingga dapat memberikan banyak manfaat. UNIDA Bogor juga memiliki tujuan untuk menjadi entrepreneurial university sehingga kegiatan pembelajaran dan programnya membentuk mahasiswa entrepreneur yang bukan hanya mencari pekerjaan akan tetapi banyak membuat lapangan pekerjaan. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkati dan selamat mengikuti program KMMI yang sangat luar biasa dan bermanfaat ini,” ungkap Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I.

Perwakilan dari Belmawa Kemendikbudristek, Yon Sugiarto, M.Sc. dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa dalam pandemi COVID-19, Kemendikbudristek banyak membuat program-program untuk mahasiswa dalam upaya peningkatan kualitas mahasiswa. Program-program Kemendikbudristek ini khususnya MBKM tidak hanya membentuk mahasiswa untuk siap bekerja akan tetapi membuat lapangan pekerjaan sehingga memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat secara luas. Manfaat dari program KMMI 2021 ini diantaranya untuk perguruan tinggi adalah untuk program pelengkap pembelajaran guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di dunia kerja dan industri, bentuk aktualisasi dan referensi materi yang digunakan dalam dunia kerja dan industri dan untuk potensi kerjasama dengan industri dalam penerapan tridharma perguruan tinggi. Manfaat untuk mahasiswa dari KMMI ini adalah pengalaman belajar yang aktual dan dibutuhkan di dunia industri, pembelajaran hard skills dan soft skills sebagai penguat keterampilan, mendukung kegiatan mahasiswa dalam rangka implementasi MBKM dan memperkuat dan menambah kompetensi. Ada pun manfaat untuk Industri diantaranya yaitu mendapatkan informasi potensi mahasiswa di perguruan tinggi yang memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri serta untuk mendapatkan informasi potensi mahasiswa untuk menjadi mitra bagi dunia kerja dan industri,” ungkap Yon Sugiarto, M.Sc.

Wakil Rektor III UNIDA Bogor, Ir. Himmatul dalam pemaparan materinya menyatakan bahwa baik KMMI dan juga MBKM yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek yaitu untuk meningkatkan kualitas mahasiswa terutama sesudah lulus nanti sehingga siap dalam menghadapi dunia kerja dan industri serta tidak hanya mencari pekerjaan akan tetapi membuat lapangan pekerjaan. Pada masa saat ini tentu dibutuhkan peningkatan dan pengembangan ekonomi digital yang dimana di Indonesia masih harus dikembangkan dan masih banyak yang harus dikerjakan agar perkembangan ekonomi digital Indonesia dapat bersaing dengan negara lain. Indonesia harus membangun ekosistem digital yang bukan sekedar memfasilitasi transaksi namun juga produksi dan logistik serta teknologinya, tentu dengan program KMMI ini dapat menyelesaikan banyak permasalahan termasuk masalah dalam digital ekonomi Indonesia maka perguruan tinggi di Indonesia perlu berlari lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia di masa depan tentu salah satunya dengan MBKM dan KMMI tersebut.

“KMMI ini adalah sebuah program untuk mendukung Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar, menimba dan mendapatkan pengalaman di luar kampus. KMMI ini juga melibatkan langsung mitra industri sebagai pengajar, sehingga materi yang diajarkan mampu selaras dengan apa yang dilakukan dan dibutuhkan dunia kerja dan industri dan KMMI ini juga merupakan salah satu usaha atau ikhtiar dalam mendesain pebisnis unggul berbasis sains dan tekhnologi. Dengan KMMI ini diharapkan dapat membentuk para pengusaha muda yang tentunya mahasiswa yang mengikuti KMMI ini dapat belajar langsung dari ahlinya khususnya dalam KMMI UNIDA Bogor saat ini mengenai hidroponik dan konten pembelajaran yang tentunya sangat sejalan dengan kebutuhan masa kini yang sehingga mahasiswa belajar bagaimana sistem dari technopreneur hidroponic dan segala kebutuhannya dan bagaimana menjadi content creator untuk pendidikan. Mahasiswa harus memanfaatkan tantangan dengan peluang tentunya dengan ide yang inovatif,”

Kepala Bidang Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi (DSIT) UNIDA Bogor dalam pemaparannya menyampaikan proses KMMI secara daring menggunakan Sistem Pembelajaran Daring Universitas Djuanda (SPADA). Para peserta KMMI UNIDA Bogor dapat login ke ke url yang sudah disediakan dengan menggunakan ID dan Password yang sudah disiapkan oleh UNIDA Bogor, KMMI ini tentu akan banyak kegiatan daring sehingga mahasiswa yang mengikuti program KMMI harus paham betul mengenai bagaimana sistem di SPADA UNIDA Bogor.

“Ada pun fitur dan layanan LMS SPADA UNIDA Bogor untuk memudahkan proses pembelajaran daring diantaranya fitur absensi kehadiran mahasiswa yang tentunya mahasiswa diwajibkan untuk mengisi absensi di setiap pertemua, materi yang sudah disiapkan ole dosen bisa diakses melalui LMS SPADA, forum diskusi, fitur chat terkait pembelajaran, penugasan mahasiswa intergrasi Google Drive serta fitur penugasan mahasiswa integrasi Google Assigment,” tutur Encep, M.I.Kom.