Dalam upaya mencegah masuknya paham radikalisasme di lingkungan kampus,  Universitas Djuanda (Unida) Bogor menggandeng Al- Tahreer Association for Development Supporting Democracy and Peacebuilding dan Analysis and Strategic Study Organization menyelenggarakan seminar melalui program visiting lecture yang diadakan pada Rabu (10/4) di Aula Gedung C, Kampus UNIDA.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan wawasan kepada para mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa akan pentingnya rasa nasionalisme serta menjaga keutuhan negara. Mengangkat tema “ISIS Experience in Iraq and Syria”, diharapkan para mahasiswa dapat memahami bagaimana gerakan radikal tersebut masuk dan tumbuh sehingga menjadi ancaman bagi negara.

Radikalisme sering kali dikaitkan dengan simbol agama tertentu, salah satunya agama islam dengan konsep jihad yang disalah artikan. Penganut paham radikal berdasar pada ideologis yang dilakukan dengan cara fanatik sehingga tidak menutup kemungkinan berujung pada aksi terorisme.

Rektor Unida Bogor Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si mengatakan perlunya pencegahan paham radikalisme di lingkungan kampus. “Unida Bogor memiliki motto kampus bertauhid, saya harap dari apa yang dipaparkan oleh para pembicara dalam seminar ini dapat memberikan pemahaman serta wawasan lebih bagi mahasiswa dari bahaya paham radikalisme tersebut,” ujarnya pada saat memberikan sambutan dan membuka jalannya kegiatan.

Salah satu pembicara, Buchra Machmoud Ali menyampaikan beberapa faktor ISIS dapat masuk dan berhasil mempengaruhi warga-warga Desa di Suriah. Diantaranya yaitu tingkat ekonomi juga pendidikan yang rendah, serta khususnya pemahaman tentang agama yang tidak kuat sehingga terpengaruhi oleh ajaran ISIS tersebut.

Buchra yang juga merupakan jurnalis tersebut menceritakan bagaimana kejamnya ISIS terhadap warga-warga yang mencoba melawan. “Saya menyaksikan, jika ada yang melawan dan menentang ISIS, mereka tanpa ada rasa belas kasih menyiksa bahkan tak segan untuk membunuhnya,” tambahnya.

Setelah seminar, diadakan penandatanganan naskah kerja sama antara Universitas Djuanda Bogor dengan Al- Tahreer Association for Development Supporting Democracy and Peacebuilding dan Analysis and Strategic Study Organization berkaitan tentang cultural exchanges dan academic information.